SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Malang

Windi Andika Eka Lufitasari

Abstrak


ABSTRAK

Lufitasari, Windi Andika Eka. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si, (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah

Pembelajaran geografi di SMA menuntut peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi, salah satunya yaitu kemampuan memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan memecahkan masalah peserta didik adalah Problem Based Learning (PBL). Penerapan model pembelajaran ini di dalam kelas, memilki kelebihan diantaranya mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah secara berkelompok, melibatkan mereka dalam penyelidikan dan membantu mereka belajar secara mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian termasuk Quasi Eksperiment. Penelitian dilaksanakan di SMAN 7 Malang. Rancangan yang digunakan posttest control group design. Analisis data penelitian yang digunakan Uji Statistik Parametrik dengan bantuan SPSS  16.0 for windows. Instrumen penilaian menggunakan soal essai yang sebelumnya telah diujivaliditas dan reliabelitasnya,  kemudian diberikan sesudah perlakuan penelitian. Analisis yang digunakan adalah  Independent sampel t-test.

Berdasarkan hasil analisis t-test didapatkan bahwa nilai signifikansi adalah  0,04