SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI di SMA Laboratorium UM

Ratih Meiriza Aviliasari

Abstrak


ABSTRAK

Aviliasari, Ratih Meiriza. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI Di SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together, Pemahaman Konsep Geografi

Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam pelajaran geografi. Karena melalui pemahaman konsep siswa dapat mengerti dan menjelaskan kembali materi dalam bentuk lain tanpa merubah maknanya. Selain itu, pemahaman konsep juga diperlukan olehsiswa untuk memecahkan persoalan dalam pembelajaran sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan pemahaman konsep geografi siswa adalah model pembelajaran Numbered Head Together.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI SMA Laboratorium UM.  Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperiment. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Independent Sample t-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi siswa. Terdapat perbedaan gain score pretest dan posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata gain score pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 51,48 sedangkan kelas kontrol sebesar 22,83. Hasil uji hipotesis sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan signifikan yang berarti model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi siswa.