SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep DAS Siswa Kelas X.I IIS SMAN 9 Malang Semester Genap 2015/2016

SATRIO HARYO HUTOMO

Abstrak


ABSTRACT

 

Hutomo, Satrio Haryo. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep DAS Siswa Kelas X.I IIS SMAN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mustofa, M.Pd, (2) Drs. Didik Taryana, M.Si

Kata kunci: Interactive Conceptual Instruction (ICI), pemahaman konsep

Refleksi awal terhadap pembelajaran geografi yang dilakukan di kelas X.I IIS SMAN 9 Malang melalui observasi dan wawancara teridentifikasi masalah-masalah pembelajaran yang menyebabkan tingkat pemahaman siswa rendah, yaitu: (1) kurangnya kemandirian siswa, (2) rendahnya motivasi belajar siswa, (3) rendahnya keaktifan belajar siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya nilai siswa yaitu sebanyak 62,06% siswa memperoleh nilai di bawah standar ketuntasan yang ditentukan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X.I IIS SMAN 9 Malang dengan jumlah 30 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai pemahaman konsep yang diperoleh dari ulangan harian dan setelah siklus. Nilai ulangan harian merupakan nilai pemahaman awal sebelum siklus dan nilai pemahaman akhir setelah siklus. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata pemahaman sebelum siklus dengan nilai pemahaman akhir setelah siklus I dan II.

 

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang dilihat dari nilai tes pemahaman yang diberikan. Nilai yang diperoleh dari pratindakan (pemahaman awal) dengan siklus I terjadi peningkatan yaitu 9,6 atau 12,86%. Sedangkan nilai yang diperoleh dari pemahaman awal terhadap nilai akhir setelah siklus II terjadi peningkatan yaitu 13,3 atau 17,82%. Saran untuk guru Geografi  yaitu model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) efektif apabila diterapkan pada kelompok kecil terdiri 3 siswa dengan sistem penugasan berbasis aktivitas. Bagi peneliti lanjut dapat melakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) dalam pelajaran geografi pada materi lain dengan variabel selain pemahaman konsep, diantaranya hasil belajar, motivasi belajar, komunikasi, dan lain-lain.