SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Geografi SMA

SANDY AHMAD ZULKARNAIN

Abstrak


ABSTRAK

Zulkarnain, Sandy Ahmad. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Geografi SMA. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (II) Bagus Setiabudi W, S.Si., M.Si

Kata Kunci: Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar.

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor pendorong dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Komponen utama motivasi adalah kebutuhan, dorongan, dan tujuan siswa. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran Team GamesTournament (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang memasukkan unsur berkelompok dan permainan serta adanya turnamen didalamnya sehingga akan memacu motivasi siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT)terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian  dua kelas yaitu kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengetahui motivasi siswa menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent sample t-Testyang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 For Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 82,0 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 77,1 dengan nilai probabilitas(p) 0,001, sehingga ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI.

Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sebagai alternatif model untuk digunakan dalam pembelajaran geografi. Selain itu pihak sekolah diharapkan memberikan informasi dan pelatihan-pelatihan tentang model pembelajaran inovatif seperti model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan mendatangkan pihak-pihak yang berkompeten dalam model pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk pengetahuan guru dan mendukung kegiatan pembelajaran.Bagi peneliti selanjutya yang akan meneliti model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) disarankan untuk menambah atau menggunakan variabel-variabel lain selain motivasi belajar siswa,, diantaranya yaitu keaktifan siswa, minat siswa, dan lain-lain sebagai variabel terikat dan dengan tempat penelitian serta jenjang yang berbeda.

ABSTRACT

Zulkarnain, Sandy Ahmad. 2016. The Effectof Team Games TournamentLearning Model toward The Learning Motivation to Study Geography SMA. Thesis, Geografi Departement Faculty of social, Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (II) Bagus Setiabudi W, S.Si., M.Si

Keyword:Team Games TournamentLearning Model,Motivation of Learning

Learning motivation is one of the booster factors from the success of learn and learning activity.  The key of component motivation are necessary, encouragment, and students purpose.  One of influence factors of learning motivation is learning aplication model is used by teacher.  Team Games Tournament’s learning model is cooperative learning model which include a group element and games with tournament inside, so it will increase students motivation.

The purpose of this research is to know the effect of Team Games Tournament learning models (TGT) towardthe learning motivation to study geography in SMA. This research include quasi experiment research type (Quasi Experiment) with taking two classes of the research subject are XI IIS 3 class as the experiment class and XI IIS 1 class as the control class. The instrument to know students motivation is by using  inquiry. Analysis technique used is Independent sample t-Testwhich can be completed with SPSS 16.00 assist for windows.

The result of research indicate that there is a significant difference between motivation grades in experiment class and control class and learning motivation in expriment class has 77,1 averages with 0,001 probability grade, so there is an influence of Team Games Tourament learning models (TGT) for students geography motivation learning in XI class.

It is recommended that teachers might apply learning model Team Games Tournament (TGT) as an alternative model for use in teaching geography. In addition, the school is expected to provide information and training on innovative learning model as the learning model Team Games Tournament (TGT) by bringing the parties that are competent in learning model of effective and innovative ways to support teachers' knowledge and learning activities. For further research will examine the learning model Team Games Tournament (TGT) is recommended to add or use other variables regardless of addition to the students' motivation, among which the involvement of the student, the student's interest, and involvement dependent variable at other level of research and background.