SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Geografi SMA

YUSNIA ZUHRO KHUSNANI

Abstrak


ABSTRAK

Khusnani, Yusnia Z. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Geografi SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

Kata Kunci: kemampuan berkomunikasi, modelpembelajaranEveryone Is A Teacher

Komunikasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh aktivitas manusia, termasuk aktivitas pendidikan.Peserta didik mempunyai pemahaman tentang materi yang diajarkan namun belum mampu mengkomunikasikannya dengan baik. Model pembelajaran Everyone Is A Teacher memotivasi semua peserta didik untuk aktif dan member kesempatan untuk mengajar temannya .Dengan model pembelajaran Everyone Is A Teacher peserta didik dituntut untuk mengajar sesame peserta didik, sehingga bias mengembangkan kemampuan berkomunikasi peserta didik pada saat proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher terhadap kemampuan berkomunikasi pada peserta didik kelas XI IIS 3 SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol.Instrumen untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi menggunakan soal pretest dan posttest secara lisan dan tulis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Everyone Is A Teacher. Dari hasilanalisis data diketahui bahwa nilai komunikasi kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 86,29 untuk testulis dan 88,11 untuk tes lisan, sedangkan kelas control memiliki rata-rata 81,43 untuk testulis dan 84,00 untuk tes lisan dengan masing-masing nilai probabilitas (p) 0,033 dan (p) 0,041 , sehingga ada pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher terhadap kemampuan berkomunikasi pada peserta didik kelas XI IIS.

Disarankan bagi Guru harus memikirkan manajemen waktu supaya sintaks dari model pembelajaran ini dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, dalam penunjukan nomor secara acak, guru hendaknya dapat menunjuk nomor secara merata agar setiap peserta didik mendapat kesempatan untuk ditunjuk.Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji cobakan model Everyone Is A Teache pada materi berbedadan variable selain komunikasi peserta didik yang sesuai keadaan peserta didik,tempat penelitian serta jenjang yang berbeda.