SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Di Luar Kelas (outdoor Study) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar

MELLY ENGGAL LESTARI

Abstrak


ABSTRAK

Lestari, MellyEnggal. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMAN TALUN Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Ir. Juarti, MP

Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation (GI), kemampuan berpikir kritis

Kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berpikir kritis apabila siswa tersebut melakukan kegiatan berpikir secara mendalam. Sehingga perlu adanya pemeriksaan dan penalaran yang kuat untuk menemukan keputusan yang dapat dipercaya. Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki akan membuat siswa berusaha memperluas pengetahuan. Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah siswa dapat mengidentifikasi, memberi argument, dan membuat kesimpulan dari suatu masalah yang ada. ModelGroup Investigation (GI) merupakansuatu model pembelanjaran yang  memungkinkansiswabelajarsecarakelompok yang melibatkansiswadalamperencanaan, baik dalam menentukan topic dan cara mempelajari melalui investigasi. Kegiatan ini agar siswa mempunyai kemampuan memecahkan masalah dan mengembangkan kemampuan meneliti terhadap suatu topik atau objek khusus.

Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi (quasi eksperiment). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Talun.. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan posttest only group design.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (76,09) dari pada kelas kontrol (66,09). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi siswa SMAN 1 Talun.