SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi dan Kesiapan Guru Geografi terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA Se-Kabupaten Blitar

Aprilia Dwi Rizki Puspa Wardani

Abstrak


ABSTRACT

 

Wardani, Aprilia Dwi Rizki Puspa. 2016. Persepsi dan Kesiapan Guru Geografi terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA Se-Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi, Kesiapan Guru Geografi, Kurikulum 2013.

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Menyadari pentingnya hal tersebut, pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan dan pengembangan kurikulum. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang telah disepakati untuk diimplementasikan secara bertahap mulai tahun ajaran 2013/2014. Bukan hal yang mudah untuk mempersiapkan guru yang ideal sesuai dengan harapan kurikulum 2013 dalam waktu yang cukup singkat, terutama untuk merubah mindset guru yang pada awalnya hanya bertugas untuk mengajar, sementara dalam Kurikulum 2013 guru dituntut untuk mengarahkan peserta didik menjadi aktif, kreatif, produktif, dan kritis. Hal ini menjadi kendala tersendiri karena tidak semua guru memiliki kompetensi tersebut. Oleh karena itu, persepsi dan kesiapan guru menjadi sangat penting mengingat guru merupakan pengendali utama dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kesiapan guru geografi di SMA/MA se-Kabupaten Blitar terhadap implementasi Kurikulum 2013. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrument penelitian berupa angket persepsi dan rubrik observasi kesiapan. Subjek penelitian ini adalah guru geografi di SMA/MA se-Kabupaten Blitar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan kategorinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru geografi terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong sangat baik yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 81,28; (2) kesiapan guru geografi terhadap implementasi Kurikulum 2013 tergolong siap yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kesiapan sebesar 75,53.

 

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa, persepsi guru geografi terhadap implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA se-Kabupaten Blitar sangat baik. Sedangkan untuk kesiapan guru geografi di SMA/MA se-Kabupaten Blitar tergolong siap baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.