SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 6 MALANG

Achmad Faisol Choliq

Abstrak


ABSTRACT

 

Choliq, Achmad Faisol. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si

Kata Kunci: Time Token, Keaktifan, Hasil Belajar

Pendidikan adalah usaha yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha untuk meningkatkan sumber daya adalah dengan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran merupakan proses interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru, agar peserta didik mendapat pengalaman belajar dari kegiatan tersebut. Pelaksanaan pembelajaran mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Pembelajaran dapat mendidik peserta didik menjadi pribadi yang mempunyai intelektual dan perilaku yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 6 Malang, dan penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan peserta didik dan soal-soal tes yaitu pra-tes dan pasca-tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova satu jalur (One Way Anova) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Malang. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji anova keaktifan peserta didik yang didapat nilai sebesar p (0,030