SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Point Counter Point Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta didik Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Maulida Nur Fitriani

Abstrak


ABSTRACT

 

Fitriani, Maulida Nur. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Point

Counter Point Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta didik Kelas XI

IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi,

Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.

Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

Kata Kunci: Point counter point, berpikir analitis

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang

keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran

yang dapat dipilih guru untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis adalah

model point counter point. Kelebihan model pembelajaran point counter point

mampu mengembangkan pemikiran peserta didik, mempertajam hasil pembicaraan,

dan menganalisis permasalahan lebih mendalam. Penggunaan model point counter

point disesuaikan dengan materi yang berbasis masalah dan menimbulkan berbagai

sudut pandang pemikiran peserta didik sehingga peserta didik mencoba berpikir dan

mengungkapkan pendapat mengenai permasalahan yang dibahas dalam proses

pembelajaran dengan beradu argumen.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model

pembelajaran point counter point terhadap kemampuan berpikir analitis. Jenis

penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi

experiment) menggunakan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian

ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas

XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengukuran kemampuan berpikir analitis

menggunakan 5 soal esai yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data

meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t

atau  Independent Sample T-test.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh

pembelajaran kooperatif model point counter point terhadap kemampuan berpikir

analitis peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang

menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis lebih tinggi.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh

pembelajaran kooperatif model point counter point terhadap kemampuan berpikir

 

analitis peserta didik kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.