SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 5 SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

prima windiyanti mayasari

Abstrak


ABSTRAK

Mayasari, Prima Windiyanti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Konsep Geografi Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Purwanto, S.Pd, M.Si, (II) Ir. Juarti, M.P.

Kata Kunci: project based learning, penerapan konsep geografi

Hasil observasi yang dilakukan di kelas XI IPS 5 SMA Laboratorium UM diketahui bahwa siswa di kelas tersebut kurang aktif dan kurang bisa menerapkan konsep geografi. Hal ini dapat dibuktikan ketika guru memberikan pertanyaan hanya 30% siswa yang antusias untuk menjawab. Hasil belajar siswa juga tergolong rendah dibandingkan kelas yang lain. Sebanyak 12 siswa yang mendapatkan hasil belajar dibawah SKM. Hal tersebut dikarenakan siswa dalam menerapkan konsep geografi masih rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Project Based Learning. Kelebihan dari model tersebut melatih dalam memecahkan masalah yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan secara mandiri mencari informasi.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep geografi.

Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan rubrik penilaian Project. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rumus jumlah skor yang diperoleh dibagi dengan skor maksimal lalu dikalikan 100%. Persentase hasil belajar dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu: sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, sangat kurang baik atau gagal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas XI IPS 5 SMA Laboratorium UM. Persentase ketuntasan siswa sebelum tindakan sebesar 63,64% (kurang baik) kemudian meningkat 6% pada siklus I menjadi 69,70% (cukup baik) dan pada siklus 2 meningkat 12% menjadi 81,82% (baik).

Untuk pengkajian lebih dalam mengenai model Project Based Learning saran yang dapat diajukan bagi peneliti selanjutnya adalah diharapkan melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan ranah kognitif yang lebih tinggi selain kognitif menerapkan.