SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Media Video terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IIS SMAN 8 Malang

Jabnu Isrok Ismail

Abstrak


ABSTRAK

ABSTRAK

Ismail, Jabnu Isrok. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share

Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis

Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IIS SMAN 8 Malang.

Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri

Malang. Pembimbing (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si., (II) Drs. Djoko

Soelistijo, M.Si.

Kata Kunci: think pair share, media video, kemampuan berpikir analitis.

Model pembelajaran yang tepat bertujuan menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar secara efektif dan menyenangkan. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerja sama antar siswa yang mempunyai kemampuan heterogen. Think Pair Share menggunakan media video dimulai dengan tahap pendahuluan, kemudian think, pair, dan share. Proses tersebut membutuhkan materi dan permasalahan dalam bentuk tayangan video untuk dianalisis sehingga mampu mengasah kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3 dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah 34 siswa. Instrumen soal di buat dari pengembangan kisi-kisi yang sesuai dengan materi lingkungan hidup dan berjumlah 3 soal. Analisis data yang digunakan adalah Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata gainscore kelas yang menjadi subjek penelitian dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari nilai probabilitas.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi. Saran yang dapat diberikan adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media video sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran khususnya pada materi yang menyajikan video untuk dianalisis dan membuat siswa untuk berpikir analitis, dan peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel lain selain kemampuan berpikir analitis.