SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hambatan Yang Dihadapi Guru Geografi SMA Negeri Dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 Di Kota Malang

Dian Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

Anggraini, Dian. 2015. Hambatan yang di Hadapi Guru Geografi SMA Negeri dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing : (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Drs. Mustofa, M.Pd

Kata kunci : Hambatan Guru geografi

Berdasarkan  hasil observasi awal sebagian besar guru masih mengalami hambatan dalam proses pembelajarannya, karena kurikulum  masih baru. Guru geografi dalam implementasi Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran, masih mengalami hambatan. Banyak alasan yang dikemukakan antara lain perbedaan antara KTSP dengan Kurikulum 2013 yang menjadi faktor pemicu hambatan yang dialami guru dalam  kegiatan pembelajaran. Selain itu dalam proses kegiatan pembelajaran, guru belum mampu menerapkan sesuai Kurikulum 2013.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hambatan yang dialami guru geografi SMA Negeri dalam mengimplementasi kurikulum 2013 di kota Malang. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kendala guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri kota Malang. Variabel tersebut dijabarkan menjadi sub variabel sebagai berikut: (1) hambatan dalam membuat perencanaan pembelajaran, (2) hambatan dalam melaksanakan pembelajaran, (3) pelaksanaan evaluasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi di 9 SMA Negeri se-Kota Malang. Populasi guru seluruhnya yaitu ada  21 guru geografi dan sampel yang diambil yaitu ada 11 guru geografi. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi dan komposit skor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru geografi SMA Negeri dalam mengimplementasi kurikulum 2013 di Kota Malang tidak mengalami hambatan dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Peneliti memberi saran dari penelitian hambatan yang dihadapi guru geografi dalam mengimplementasi kurikulum 2013 yaitu (1) Guru geografi harus tetap mempertahankan kualitas dan meningkatkan kualitas dalam mengajar sehingga tidak mengalami hambatan dalam mengimplementasi kurikulum 2013.

(2) Guru-guru geografi yang sudah mengikuti diklat,workshop, seminar, sosialisasi tentang kurikulum, hendaknya berinisiatif secara kreatif untuk memahamkan guru-guru lain disekolahnya, sehingga semua siap mendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013. (3) Kepala sekolah hendaknya melakukan monitoring dan menjaga kualitas guru agar tidak “mengalami hambatan” dalam mengimplementasi kurikulum 2013.