SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Brawijaya Smart School Malang

Rangga Romana Putra

Abstrak


ABSTRAK

Romana, Rangga. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Menggunakan

Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA

Brawijaya Smart School Malang. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M.Pd., (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si,

M.Si

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Discovery Menggunakan Media Video,

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

 Kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik dengan keterampilan proses dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Model pembelajaran discovery menggunakan media video merupakan jenis model pembelajaran modifikasi yang mendukung ketercapaian Kurikulum 2013 karena merupakan salah satu model pembelajaran yang mengedepankan pendekatan saintifik. Model pembelajaran ini cocok untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pembelajaran discovery menggunakan media video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi karena siswa dilatih untuk mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan melalui sintaknya. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Brawijaya Smart School. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas X-5/X-IIS 1 sebagai kelas kontrol dan X-6/X-IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 29 siswa. Pemilihan kelas menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan Independent Sample t-Test dengan bantuan program SPSS 21 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery menggunakan media video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil analisis dengan menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001. Skor rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen adalah 24,21 lebih tinggi dari pada skor rata-rata kelas kontrol sebesar 18,62. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery menggunakan media video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.