SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016

Rendra . Arjita

Abstrak


ABSTRAK

Arjita, Rendra. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budijanto, M.S, (II) Drs. Mustofa, M.Pd.

Kata Kunci: Cooperative Script, Kemampuan Berpikir Kreatif

Kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih berupa ceramah dan tanya jawab. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik tidak terstimulus selama kegiatan pembelajaran karena dalam proses diskusi pemecahan masalah peserta didik hanya menyalin dari hasil pencarian mereka di internet. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script.

 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan dua cara yaitu tes yang dilakukan setiap akhir siklus dan lembar observasi serta catatan lapangan. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu.

Kegiatan pembelajaran pada siklus I masih didapati peserta didik yang tidak mengerti langkah pembelajaran dan kegiatan diskusi tidak kondusif dengan anggota kelompok 4 peserta didik. Pada siklus II kegitan pembelajaran berjalan secara efektif, pengurangan anggota diskusi menjadi 3 peserta didik terbukti dapat membuat seluruh peserta didik beraktifitas dengan maksimal, peserta didik tidak lagi bingung langkah pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sudah terstimulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script. Peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada siklus I sebesar 60.77 meningkat menjadi 77.10 pada siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 26.86%.

 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu pada pokok bahasan pelestarian lingkungan hidup. Disarankan untuk langkah kegiatan disampaikan pada awal kegiatan pembelajaran dan pembentukan kelompok dengan anggota yang tidak terlalu banyak agar seluruh peserta didik dapat berkegiatan dengan maksimal.