SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pertumbuhan Jumlah Angkatan Kerja, Kesempatan Kerja, dan Kebutuhan Lapangan Kerja di Kabupaten Pasuruan Tahun 2016-2020

Wisnu Khijir Ismail

Abstrak


Selama tahun 2010 hingga tahun 2014 jumlah angkatan kerja di Kabupaten Pasuruan telah bertambah sebanyak hampir 150.000 jiwa. Peningkatan jumlah angkatan kerja harus disertai dengan peningkatan kesempatan kerja. Sebab, memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak adalah hak asasi setiap warga negara Indonesia yang telah diatur dalam Undang-Undang. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Pasuruan sebagai penyelenggara pembangunan ekonomi wajib menciptakan lapangan kerja yang layak bagi seluruh warganya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah lapangan kerja yang harus diciptakan pada tahun 2016-2020 sesuai dengan pertumbuhan jumlah angkatan kerja dan pertumbuhan kesempatan kerja di Kabupaten Pasuruan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan analisis data tahun 2010 hingga tahun 2014. Dengan menggunakan laju pertumbuhan angkatan kerja dan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pasuruan sebagai dasar perhitungan, dapat diprediksikan jumlah angkatan kerja dan kesempatan kerja kerja yang tersedia pada tahun 2016-2020. Sementara itu, untuk mengetahui jumlah kebutuhan lapangan kerja menggunakan metode Supplay and Demand.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jumlah Angkatan Kerja di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2016 hingga tahun 2020 mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah angkatan kerja disebabkan oleh Kabupaten Pasuruan pada tahun 2015 masuk dalam fase Bonus Demografi. Peningkatan jumlah angkatan kerja menuntut peningkatan jumlah kesempatan kerja. Jumlah Kesempatan Kerja di pada tahun 2016 hingga tahun 2020 juga mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah kesempatan kerja disebabkan oleh peningkatan kondisi ekonomi yang terus membaik. Peningkatan jumlah kesempatan kerja tidak sebanding dengan peningkatan jumlah angkatan kerja sehingga kebutuhan lapangan kerja semakin banyak. Pemerintah Kabupaten Pasuruan harus terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi agar kesempatan kerja yang tersedia semakin banyak. Selain itu pemerintah Kabupaten Pasuruan harus menurunkan laju pertumbuhan angkatan kerja. Penurunan pertumbuhan angkatan kerja dapat dilakukan dengan cara meningkatkan partsipasi sekolah penduduk usia muda.