SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep dalam Geografi Peserta Didik SMAN 9 Malang

Natya . Apriliana

Abstrak


ABSTRAK

Apriliana, Natya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep dalam Geografi Peserta Didik SMAN 9 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. (II) Drs. Didik Taryana, M.Si.

Kata Kunci: Project Based Learning, Google Earth, Kemampuan Menerapkan Konsep

Alasan pemilihan model pembelajaran ini yang pertama, model pembelajaran Project Based Learning sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kedua karakteristik model pembelajaran Project Based Learning sudah mencakup pembelajaran discovery learning dan inquiry. Ketiga pembelajaran geografi yang profesional harus mampu mengembangkan kurikulum dengan menggunakan pendekatan kemasyarakatan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy experiment) dengan desain Time Series. Dalam desain penelitian Time Series hanya menggunakan satu kelompok saja sebagai kelas eksperimen sehingga tidak memerlukan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan sebanyak 3 kali kemudian diambil 3 kali pasca test untuk mengetahui konsistensi kemampuan menerapkan konsep geografi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Malang pada kelas XF1 dengan jumlah 32 siswa. Data yang sudah diperoleh dihitung menggunakan Paired T-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis Google Earth berpengaruh terhadap kemampuan menerapkan konsep dalam geografi. Pengaruh ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menerapkan konsep geografi siswa di setiap tes. Data pengujian hipotesis terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi diketahui bahwa pada tes 1 dan tes 2 menunjukkan hasil sebesar sig (2-tailed) 0.003, sedangkan pada pengujian hipotesis tes 2 dan tes 3 menunjukkan hasil sig (2-tailed) 0.000. Angka tersebut menunjukkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan pada setiap tes.

Model pembelajaran Project Based Learning dapat menjadi sarana untuk mendapatkan informasi, memanfaatkan sumber dan mengaplikasikan teori dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menerapkan konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari dengan bantuan aplikasi Google Earth.