SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN MODEL 4-D (DEFINE, DESIGN, DEVELOP, DISSEMINATE) PADA MATERI MITIGASI BENCANA KELAS X SMA

Fajar Irsyadul Afkar

Abstrak


Afkar, Fajar Irsyadul. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Dengan Model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) Pada Materi Mitigasi Bencana Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Rudi Hartono, M.Si. (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

Kata Kunci: Model 4-D, Mitigasi Bencana, LKPD

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi mitigasi bencana dengan mengunakan model pengembangan 4-D (difene, design, develop, disseminate) pada materi mitigasi dan adaptasi bencana diharapkan dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Pengembangan LKPD yang dirancang secara inovatif dengan langkah kegiatan yang sistematis diharapkan membuat peserta didik peduli dan paham terhadap bencana..

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi mitigasi dan adaptasi bencana kelas X SMA  dengan pendekatan Scientific Approach. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan  pengembangan (Research and Development/R&D) dengan ujicoba lapangan pada peserta didik kelas X IIS 1 MAN Tambakberas Jombang. Instrument penelitian menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan LKPD kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase dilakukan dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi bentuk presentase dan kemudian diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan kelayakan LKPD materi mitigasi bencana memperoleh kategori sangat layak menurut ahli materi dan ahli media. Hal ini didukung dengan hasil uji coba lapangan dari 30 subjek uji coba sebanyak 66,6% respon peserta didik terhadap LKPD mitigasi dan adaptasi bencana ini berada pada tingkat sangat layak dan sebesar 33,3% pada tingkat layak. Secara umum skor tersebut menandakan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji lapangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan model pengembangan 4-D pada materi mitigasi bencana kelas X SMA sangat layak digunakan.