SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Keterampilan Geografi Peserta Didik Kelas X di SMAN 1 Talun

Erdina Elfi Riana

Abstrak


ABSTRAK

Erdina Elfi Riana. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Keterampilan Geografi Peserta didik Kelas X di SMAN 1 Talun. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Purwanto, S.Pd, M.Si. (2) Drs. M. Yusuf Idris.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning), Keterampilan Geografi

Penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran di SMA tidak terpaku pada penguatan pengetahuan, melainkan diimbangi dengan penguatan sikap dan keterampilan. Salah satu mata pelajaran yang menerapkan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran adalah geografi. Keterampilan geografi berfungsi untuk mempermudah pemahaman dan analisis fenomena-fenomena geosfer. Salah satu bentuk upaya dalam penguatan keterampilan geografi peserta didik yaitu model pembelajaran penemuan (discovery learning). Pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk menemukan dan menyelidiki sendiri pengetahuan yang dipelajari.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Talun. Rancangan penelitian ini termasuk metode penelitian eksperimen kuasi (quasi experiment), dengan menggunakan bentuk pre-test post-test control group design. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal yang berbentuk essai, dengan jumlah soalnya sebanyak 5 butir soal yang sudah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda sebelumnya pada tingkatan kelas di atasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t-Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Talun, yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai gain score yang dimiliki kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 8,82 untuk kelas eksperimen dan 0,66 untuk kelas kontrol. Hasil rata-rata nilai gain score yang tinggi, menandakan bahwa  Pada hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000. Hal tersebut menandakan nilai sig. (2-tailed) < α (0,05), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan (discovery learning) ada pengaruh terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Talun.