SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Scientific Approach Terhadap Pengetahuan Kebencanaan Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Gondanglegi.

Nur . Hidayah

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengaruh Scientific Approach Terhadap Pengetahuan Kebencanaan Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 1 Gondanglegi.

Pendekatan scientific memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar diberbagai mata pelajaran. Pada mata pelajaran geografi pendekatan tersebut belum terbukti dapat meningkatkan pengetahuan kebencanaan siswa.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh scientific approach terhadap pengetahuan geografi siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi.

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gondanglegi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasiexperiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design". Subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari dua kelas eksperimen. Kelas X –IPS 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X-IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan pemberian pretest dan posttes tuntuk mengukur pengetahuan siswa. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu gain score hasil belajar, yang dianalisis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran Scientific Approach  terhadap pengetahuan kebencanaan siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata hasil belajar geografi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.