SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang

Inayatul Musyrifin

Abstrak


ABSTRAK

Musyrifin, Inayatul. 2015. Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Think Pair Share, Think Pair Square, Kemampuan Berpikir Kritis

Model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Kedua model ini memiliki tahapan yang hampir sama karena Think Pair Square hasil modifikasi dari Think Pair Share. Perbedaan antar keduanya terletak pada tahapan pengelompokkan, di mana Think Pair Share hanya terjadi satu kali pengelompokkan sedangkan Think Pair Square terjadi dua kali pengelompokkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan (2) mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Square lebih baik dari pada Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IIS SMAN 9 Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain post test only randomized group design. Subjek dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan menggunakan  model pembelajaran Think Pair Square. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t untuk hipotesis pertama dan membandingkan nilai rata-rata tes kedua kelas untuk menguji hipotesis kedua.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) uji hipotesis menunjukan nilai signifikan atau probabilitas 0,005 < 0,05, maka H0 ditolak. (2) nilai tes (post-test) kelompok eksperimen 1 dengan model pembelajaran  Think Pair Share sebesar 83,21 dan eksperimen 2 dengan model pembelajaran  Think Pair Square sebesar 89,94. Lebih tinggi kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 2 sebanyak 6,73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square (2) model pembelajaran Think Pair Square lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis daripada model pembelajaran Think Pair Share.

Model pembelajaran Think Pair Share dan Think Pair Square memiliki kelebihan yang mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, disarankan untuk digunakan dalam melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Didukung dengan pembelajaran yang bersifat kontekstual akan menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna bagi peserta didik.

Musyrifin, Inayatul. 2015. Comparison of Think Pair Share and Think Pair Square Learning Model on Critical Thinking Ability of Grade XI Students of Social Sciences of SMA Negeri 9 Malang. Thesis, Department of Geography Education, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Supervisor: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

Keywords: Pair Share Think, Think Pair Square, Critical Thinking Skills

The learning model Think Pair Share and Think Pair Square were able to train critical thinking skills. Both models have almost the same phase as Think Pair Square modification of Think Pair Share. The difference between them lies in the stage grouping, where Think Pair Share only happened one grouping while Think Pair Square happened twice grouping. The purpose of this study is (1) determine differences in critical thinking skills of learners by using model Think Pair Share and Think Pair Square on material preservation of the environment and sustainable development (2) determine whether the learning model Think Pair Square is better than the Think Pair Share the critical thinking skills of students grade XI Social Sciences SMAN 9 Malang.

The design of the study is a quasi-experiment (quasi-experimental) design with post test only randomized group design. Subjects in this study were divided into two groups: the experimental group 1 were treated with a learning model Think Pair Share and the experimental group 2 were treated using learning model Think Pair Square. The data collection techniques using test essay. The data analysis using t-test for the first hypothesis and compares the average value of the second test class to test the second hypothesis.

The results of this study are: (1) the hypothesis test showed a significant value or probability 0.005