SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks Geografi Model Buku A-Level Chemistry For Senior High School Student Volume 3A Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan SMA Kelas XI

ANITA RISMAYANTI

Abstrak


ABSTRAK

Rismayanti, Anita. 2016. Pengembangan Buku Teks Geografi Model Buku A-Level Chemistry For Senior High School Student Volume 3AMateri Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan SMA Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd., (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

Kata Kunci: Buku Teks Geografi, Model A-Level Chemistry for Senior High School Student Volume 3A, Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan.

Penelitian dan pengembangan ini didasari pada permasalahan ketergantungan guru dan siswa terhadap buku teks geografi dan rendahnya kualitas buku teks geografi. Setelah dilakukan analisis kualitas buku teks geografi yang ditulis oleh Wardiyatmoko (2014) pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan ditemukan beberapa permasalahan yang mendasar, yaitu:1) isi buku sangat luas dan keluar dari tujuan pembelajaran, 2) susunan kalimat dan paragraf yang kurang tepat, 3) media gambar yang tidak berfungsi.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku teks geografi materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan untuk SMA kelas XI yang didesain menggunakan model buku A-Level Chemistry for Senior High School Student Volume 3A. Produk buku teks dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Bagi guru, produk buku teks dapat dijadikan salah satu bahan ajar. Bagi siswa, produk buku teks dapat dijadikan sumber belajar.

Prosedur penelitian dan pengembangan dilakukan berdasarkan model Dick and Carey dengan 8 tahap. Tahapannya yaitu: 1) menganalisis kesalahan dan kelemahan buku teks geografi karangan Wardiyatmoko (2014) kelas XI materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. 2) memilih model buku yang akan dijadikan acuan dalam pengembangan. 3) menyusun draft buku teks geografi. 4) validasi buku teks, meliputi: tanggapan ahli isi (materi), bahasa, dan desain. 5) revisi draft buku teks, 6) uji coba lapangan, 7) revisi, 8) produksi (cetak).

Hasil uji coba lapangan menunjukkan rata-rata tingkat pemahaman siswa terhadap buku teks sebesar 86,42 dari KKM 78. Sedangkan, untuk nilai ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,46%. Berdasarkan skor tersebut, produk buku teks layak digunakan sebagai bahan ajar.

Saran yang dapat dilakukan untuk pengembang selanjutnya, yaitu: 1) produk buku teks dapat ditambah lagi tentang materi pembangunan berkelanjutan, yang belum dijelaskan secara eksplisit. 2) penggunaan istilah kimia seperti CaSO4 (kalsium karbonat) pada pengolahan limbah cair dan gas dapat dijelaskan menggunakan gambar atau video. 3)produk buku teks perlu dijelaskan lebih detail tentang proses pengolahan limbah gas.