SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Batu

Ella Pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

Pertiwi, Ella. 2016. Pengaruh Model PembelajaranTeams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Geografi Peserta DidikKelas XI SMAN 2 Batu.Skripsi, Jurusan Geografi, Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M. Si, (II) Bagus SW, S. Si, M. Si

Kata Kunci: Model PembelajaranTeams Games Tournament (TGT), minat belajar Geografi siswa

Model pembelajaran yang baik yaitu mampu menumbuhkan kerjasama, kreatifitas, dan keaktivan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar. Salah satu model yang dapat mewujudkan sikap tersebut adalah Teams Games Tournament (TGT).Model TGT secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran dengan teknik permainan berkelompok .Kegiatan pembelajaran berupa belajar kelompok, game akademik, dan penghargaan dikemas menyenangkan dan menantang sehingga membuat peserta didik terlibat aktif. Keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari minat belaja  rpesertadidik.Minat mempunyai pengaruh yang besar terhadap proses belajar mengajar khususnya di sekolah. Peserta didik yang tidak bermina tdalam belajar akan acuh dan tida kmemperhatian guru saat kegiatan pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar Geografi peserta didik kelas XI SMAN 02 Batu. Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Postest-Only Control Design.Subyek yang digunakan adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelase ksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas control .Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner.Untuk mengetahui hasil penelitian, dilakukan   data kuisioner yang telah diperoleh dilapangan .Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-testdengan menggunakan program SPSS for Windows 16.0.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai minat belajar Geografi.Pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas control yaitu sebesar 87,25dan pada kelas controls ebesar 80,09.Ketertarikan pada kelas kontro lsebesar81 dan pada kelas eksperimen 88.Perasaan senang pada kelask ontrol sebesar7 6dan pada kelas eksperimen83.Perhatian pada kelas control sebesar84dan pada kelas eksperimen 91.

Berdasarka nanalisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap minat belajar Geografi siswa kelas XI SMA Negeri 02 Batu.Guru disarankan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) karena dapat meningkatkan mina tbelajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Geografi.