SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 9 MALANG

Eva Rosyida

Abstrak


ABSTRAK

Rosyida, Eva. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Sumber Belajar terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas X IIS SMAN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (II) Ir. Juarti, M.P.

Kata Kunci: pemanfaatan lingkungan alam, sumber belajar, pemahaman konsep

Keberhasilan proses pembelajaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah penggunaan sumber belajar. Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan infirmasi kepada Posisi sumber belajar tidak kalah penting dari media maupun model pembelajaran. Hal ini dikarenakan sumber belajar berfungsi sebagai sumber interaksi siswa dengan informasi yang dipelajari. Salah satu sumber yang dapat digunakan dalam pembelajaran Geografi adalah pemanfaatan lingkungan alam. Lingkungan alam merupakan sumber belajar nyata dan riil sehingga dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Keunggulan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar adalah kegiatan pembelajaran lebih menarik, hakikat belajar akan lebih bermakna, dan siswa dapat memahami aspek yang ada di kehidupannya sehingga dapat memunculkan sikap cinta lingkungan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X IIS.

Metode penelitian ini termasuk kedalam eksperimen semu dengan Pretest-Posttest, Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas X J 2 sebagai kelas eksperimen dan X K 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling karena semua kelas X IIS memiliki kemampuan yang hampir sama atau homogen. Instrumen pengukuran pemahaman konsep menggunakan soal tes yang berjumlah 4 soal, sedangkan uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data berupa uji normalitas dan homogenitas yang kemudian hipotesis didapatkan berdasarkan perhitungan Independent Simple T-test.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi kelas X IIS. Pernyataan tersebut dapat ditunjukkan berdasarkan hasil selisih pretest posttest kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 12.03 daripada kelas kontrol yang hanya 0.94. Selain itu, pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi kelas X IIS ditunjukkan dari nilai signifikansi yang lebih kecil daripada taraf signifikansi (0.046 < 0.05).

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep geografi kelas X IIS SMAN 9 Malang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah guru diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan kelas dan pengkondisian siswa agar sumber belajar dapat dimanfaatkan secara optimal, dan peneliti lain diharapkan mampu melengkapi data-data penelitian yang berhubungan dengan variabel yang diteliti.

Rosyida, Eva. 2016. The Influence of Utilizing Natural Environment as Learning Resource towards Geographic Concept Understanding of Class X IIS SMAN 9 Malang. Thesis, Geography Department, Faculty Of Social Sciences, Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M. Pd, (II) Ir. Juarti, M.P.

Key Words: Utilizing Natural Environment, Learning Source, Concept Understanding     

The success of the learning process can be caused by several factors, including utilize learning resource. The position of learning resource is no less important than the media and the learning model. This is because the function of learning resources is as students' interaction with the information learned. One of resource that can be used in Geography is the utilization of the natural environment. The natural environment is a source of real learning so that can influence the students' understanding of the concept. The advantages of the natural environment as a learning resource is more interesting learning activities, the nature of learning will be more meaningful, and students can understand the aspects in life that can bring the attitude of respesting the environment. So that, the researcher is interested to research the influence of utilizing natural environment as learning resource towards geographic concept understanding of class X IIS.

Method of this research is included into quasi-experimental research type with pretest-posttest, non-equivalent control group design. Subject of research used is a class X J 2 as an experimental class and X K 2 as control class with the sampling technique is simple random sampling. It is because the ability of all the class X IIS almost equal or homogen. Supporting data of the ability of class X IIS is got by seeing value data of exam in semester gasaeven semester. Understanding the concept of using measurement instruments test item, amounting to 4 questions, while the test instrument using validity and reliability. Analysis of the data using normality and homogeneity test the hypothesis then obtained by calculating Independent Simple T-test.

The result of the experiment is the utilization of the natural environment as a learning resource affect the understanding of the concept of geography class X IIS. The statement can be shown based on the difference between pretest posttest experimental class is higher than the control class. In addition, the effect of utilizing natural environment as a learning resource toward understanding the concept of geography class X IIS is shown from the significant value that is smaller than the significance level (0.046