SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang

fransiska devi yuda

Abstrak


ABSTRAK

Yuda, Fransiska Devi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang. Skripsi. Pendidikan Geografi, Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Mustofa, M.Pd

Kata Kunci: model pembelajaran Problem Based Learning, berpikir analitis, media video

Alasan kuat yang mendasari penelitian ini yaitu adanya perpaduan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media video yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir analitis peserta didik dalam memecahkan suatu masalah. Model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video merupakan model pembelajaran yang menyajikan permasalahan nyata dimana suatu masalah ditampilkan melalui tayangan video. Penerapan model pembelajaran ini di dalam kelas, memiliki kelebihan diantaranya mendorong peserta didik untuk bekerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah yang ada dalam video secara berkelompok, melibatkan mereka dalam penyelidikan pilihan sendiri dan membantu mereka belajar secara mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan design penelitian post test control group design. Subjek penelitian yaitu kelas XI SMA Negeri I Lawang yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling berdasarkan nilai rata-rata UAS semester genap tahun ajaran

2015/2016. Dari teknik tersebut maka diperoleh 2 kelas yakni kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa soal essay yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji statistik parametrik yakni uji t.

Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bepikir analitis pada kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang. Hal tersebut ditunjukkaan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0.000 karena nilai probabilitas hasil uji t sebesar 0.000

< 0.05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yakni 78.61 dibanding kelas control yakni 66.50 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis pada kelas XI IIS SMA Negeri I Lawang.

Yuda, Fransiska Devi. 2016. The Influence Of Problem Based Learning Model Using Video Media Towards Analytical Thinking Ability In Grade  XI IIS At SMAN I Lawang. Thesis. Geography Education, Graduate University Of Malang. Supervisor: (I) Hadi Soekamto, Drs., S.H., M.Pd, (II) Mustofa, Drs., M.Pd.

Keywords: learning model of Problem Based Learning, analytical thinking, video media

Compelling reason that underlies this study is the combination between learning model Problem Based Learning using video media that are able to develop high-order thinking skills one of which analytical thinking skills of students in solving a problem. Learning model of Problem Based Learning using video media is a learning model that presents a real problem where a problem is displayed through the video content. In its application in the classroom, this model has advantages such as encouraging students to cooperate in resolving a problem that exists in the video in groups, engage learners in the investigation of their own choice and to help students become independent learners.

This research aims to determine influence learning model of Problem Based Learning using video media towards analytical thinking ability in grade XI IIS at SMAN I Lawang.

This research is a quasi experimental research design using a posttest only control group design. The research subject is class XI SMA Negeri I Lawang consisting of 5 classes. Sampling was done by simple random sampling technique based on the average value of UAS second semester of academic year 2015/2016. The technique of it is obtained two classes namely class X IIS 2 as an experimental class and class XI IIS 1 as a control class. Instrument used in the form of essay consists of 5 questions. Data analysis techniques to test the hypothesis using parametric statistical tests that the t test.

The result prove that learning model of Problem Based Learning using video media significantly influence towards analytical thinking ablility in class XI IIS at SMAN I Lawang. This is indicated by sig. 2 tailed probability value of 0.000 because the t test results amounted to 0.000 < 0.05 and the average value of the experimental class higher at 78.61 compared to the control class 66.50, H0 rejected. It concluded that the that learning model of Problem Based Learning using video media significantly influence towards analytical thinking ablility in class XI IIS at SMAN I Lawang