SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA KELAS POLA 5 SEMESTER DI SMA NEGERI 2 MALANG

Arif Setyo Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

Nugroho, Arif Setyo. 2016.Efektifitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kelas Pola 5 Semester Di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

Kata Kunci: kelas pola 5 semester, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar.

Siswa yang mempunyai kecerdasan lebih tinggi akan menerima manfaat lebih banyak dari pembelajaran kooperatif.Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD)merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mempunyai kelebihan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui rekognisi tim.Kemampuan intelektual siswa pada kelas pola 5 semester lebih tinggi jika dibandingkan kelas reguler. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini ingin mengetahui efektifitas model pembelajaran STADpada kelas pola 5 semester dilihat dari hasil belajar.Hasil belajar pada penelitian ini adalah nilai sikap, pengetahuan, serta keterampilan.

Desain penelitian yang digunakan adalah Time – Series Design dengan penerapan model pembelajaran sebanyak tiga kali. Satu kali penerapan model pembelajaran dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah kelas pola 5 semester di SMAN 2 Malang sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 1. Hasil belajar diperoleh melalui pengamatan langsung, penugasan, serta kuis yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.

Efektifitas penerapan model pembelajaran STAD terhadap nilai sikap pada penerapan pertama sebesar -11,53%, penerapan kedua sebesar  -26,2%, dan penerapan ketiga sebesar -8,12%. Efektifitas penerapan model pembelajaran STAD terhadap nilai pengetahuan pada penerapan pertama sebesar -9,85%, penerapan kedua sebesar 2,49%, dan penerapan ketiga sebesar 4,76%. Efektifitas penerapan model pembelajaran STAD terhadap nilai keterampilan pada penerapan pertama sebesar 16,81%, penerapan kedua sebesar -3,01%, dan penerapan ketiga sebesar 5,89%.Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan sedangkan pada aspek sikap masih belum menunjukkan adanya efektifitasdari penerapan model pembelajaran ini.

Nugroho, Arif Setyo. 2016. Effectivenessof Student Teams Achievement Divisions (STAD) Model on 5 Semesters Class Pattern in SMA Negeri 2 Malang. Thesis, Geography, Faculty of Social Science, State University of Malang. Adviser: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

Keywords:5 semester class pattern, Student Teams Achievement Divisions (STAD) model, learning outcomes.

Students who have higher intelligence will receive more benefits from cooperative learning.Student Teams Achievement Divisions (STAD) is a cooperative learning model that have the ability to increase students motivation through team recognition.Intellectual ability of students in 5 semester class pattern is higher than regular class.Associated with it, this research try to know the effectiveness of Student Teams Achievement Divisions (STAD) in 5 semester class pattern refers to the learning outcomes. Learning outcomes in this research is the score of attitudes, knowledge, and skill.

The research design is Time – Series Design withthree times application of learning model.One application of learning models implemented in two meeting.The population in this research is 5 semester classpattern at SMAN 2 Malang while the sample in this research isclass X IPS 1.Learning outcomes obtained through direct observation, assignments, and quiz that committed during the learning process.

The effectiveness of Student Teams Achievement Divisions (STAD) model onscore of attitude in the first application is -11.53%, the second application is -26.2%, and the third application is -8.12%.The effectiveness of Student Teams Achievement Divisions (STAD) model onskor of knowledge in the first application is -9,85%, the second application is 2,49%, and the third application is 4,76%.The effectiveness of Student Teams Achievement Divisions (STAD) model onskor of Skill in the first application is 16,81%, the second application is -3,01%, and the third application is 5,89%.This data show that the implementation of Student Teams Achievement Divisions (STAD)model is effective to improving learning outcomes in aspects of knowledge and skill, butthe aspect of attitude still not shown the effectiveness of the application of this model.