SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Lingkungan Hidup kelas XI IPS 2 di MAN Kota Batu

Muhamad Fanani

Abstrak


ABSTRAK

Fanani, Muhamad. 2016. Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Lingkungan Hidup kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si

Kata kunci: Scientific, Model Pembelajaran Cooperative Script, dan Pemahaman Konsep.

Pemahaman merupakan cara untuk memahami konsep atau materi yang diperoleh siswa dari guru. Kemampuan memahami konsep sangat penting untuk dimiliki oleh masing-masing siswa karena akan mempermudah siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya, baik di dalam maupun di luar kelas. Pentingnya kemampuan memahami konsep pada kenyataannya masih sulit untuk dicapai oleh setiap siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu, menunjukan beberapa temuan yang mengindikasikan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep. Temuan tersebut, antara lain: 1) siswa masih kesulitan dalam memahami isi artikel yang diberikan oleh guru; 2) hanya beberapa siswa saja yang aktif dalam kegiatan pembelajaran; 3) sebagian besar mendapatkan nilai UH maupun nilai UTS di bawah standar ketuntasan minimal. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep terjadi karena penggunaan metode dan model dalam pembelajaran masih kurang tepat.

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pendekatan scientific dengan menggunakan model cooperative script untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep khususnya pada materi lingkungan hidup. Penelitian dilaksanakan dikelas XI IPS 2 dengan jumlah 31siswa.Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen dalam penelitian ini ialah soal tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan gain score yaitu dengan membandingkan nilai rata-rata pemahaman siswa pada siklus I dan siklus II.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Rata-rata hasil pemahaman konsep siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 3,74. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman konsep. Saran bagi peneliti lanjut yang akan melakukan penelitian yang sama adalah terlebih dahulu memodifikasi tahapan model dengan tepat sehingga bisa di padukan dengan pendekatan scientific.