SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IS SMAN 1 Sooko Mojokerto

Ringga pridiatama

Abstrak


ABSTRAK

 

Ringga, Pridiatama. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Card SortKemampuan Berpikir Analitis Siswa Pada Mata Pelajaran GeX IS SMAN 1 Sooko Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi. FSosial,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) PurwM.Si, (II) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si

 Kata Kunci: model pembelajaran Card Sort, berpikir analitis

Model pembelajaran Card Sort merupakan salah satu model pembelajaran aktif (Active Learning). Model pembelajaran ini memiliki berbagai kelebihan, diantaranya adalah mengoptimalkan partisipasi siswa dan meningkatkan interaksi positif antar siswa. Penggunaan kartu sebagai media juga merupakan kelebihan dari segi visual guna menarik perhatian siswa. Model pembelajaran ini juga sesuai untuk diterapkan dalam pelajaran geografi dengan jenis materi yang konkrit.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Card Sort terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen dan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sooko Mojokerto. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IS 5 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol diberikan perlakuan konvensional (seperti yang biasa diajarkan guru  di sekolah), sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Card Sort.

Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essai sebanyak lima soal untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa. Pembuatan instrumen tes dikembangkan dari kisi-kisi soal tes. Kisi-kisi soal dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir analitis dan materi dinamika atmosfer. Soal tersebut diberikan pada kedua kelas sebelum dan sesudah diberikan perlakuan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest-Posttest, Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Card Sort berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent t-test diperoleh nilai Signifikan< 0,05, yaitu 0,001. Nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih tinggi (75) dari kelas kontrol (65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Card Sort berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi SMAN 1 Sooko Mojokerto.