SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU AJAR GEOGRAFI BERBASIS AYAT-AYAT AL-QUR’AN MODEL BUKU MENGENAL ALLAH, ALAM, SAINS DAN TEKNOLOGI MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA/SEDERAJAT

NUR HASANAH

Abstrak


ABSTRAK

Hasanah, Nur. 2016. Pengembangan Suplemen Buku Ajar Geografi Berbasis Ayat Al-Qur’anModel Buku Mengenal Allah, Alam, Sains dan Teknologi Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Marhadi SK, Msi (II) Drs. Mustofa, MPd.

Kata Kunci: pengembangan, suplemen, buku ajar geografi.

Pengembangan suplemen buku ajarberbasis ayat Al-Qur’an dengan materi sumber daya alam bagi pembelajaran di jenjang pendidikan menengah atas dilatarbelakangi oleh tiga hal, yaitu: tingkat ketergantungan guru maupun siswa terhadap buku relatif tinggi, hasil analisis terhadap kualitas buku yang menunjang pembelajaran menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan ditinjau dari aspek substansi maupun kebahasaan, dan tuntutan akan KI-1 berupa ranah sikap spiritual dalam K-13. Tingkat ketergantungan guru dan siswa terhadap buku relatif tinggi, sehingga diperlukan tindakan yang bersifat maju untuk memenuhi kebutuhan sarana pembelajaran tersebut. Kualitas buku yang beredar sebagai sumber belajar secara meluas masih rendah, sehingga diperlukan langkah-langkah penyempurnaan. Substansi produk yang berisi materi sumber daya alam dengan kaitannya dalam Al-Qur’an merupakan dasar mempelajari geografi sesuai dengan tuntutan kurikulum dalam ranah sikap spiritual.

Penelitian ini berupaya mengembangkan suplemen buku ajargeografi berbasis ayat Al-Qur’an materi sumber daya alam. Buku suplemen yang dikembangkan ini didesain: menggunakan tata bahasa yang baku, menyajikan materi dengan berbasis Al-Qur’an, memiliki substansi yang valid, serta menyajikan gambar yang relevan uraian materi. Materi buku suplemen difokuskan pada pembahasan Sumber Daya Alam kurikulum 2013bidangstudigeografiuntuk SMA/MA kelas XI.

Prosedur pengembangan ini mengacu pada model prosedural menurut Sugiono. Penerapan prosedur pengembangan model Sugiono disederhanakan dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah, yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) mendesian produk, 3) prototipe, 4)validasi ahli, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan, dan 7) produk akhir. Subjek uji coba, yaitu siswa kelas XI IIS 1 MAN 1 Malang. Tujuan uji coba untuk mengumpulkan data respon siswa. Data respon siswa dianalisis dengan cara direduksi dan disitematiskan dalam bentuk tabel. Data respon siswa dianalisis dengan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data respon siswa dipperoleh dua kesimpulan yang terkait dengan teknis perbaikan dan kualitas produk. Kesimpulan pertama, yakni  perbaikan yang disarankan menurut hasil validasi ahli dan uji coba lapangan meliputi aspek: materi, bahasa, media, AL-Qur’an dan desain. Kesimpulan kedua, yakni  penerapan buku suplemen produk pengembangan ini dapat mendukung proses pembelajaran dengan tuntutan KI-1 ranah sikap spiritual. Fungsi buku suplemen sebagai buku ajar semakin optimal bila didukung oleh faktor individu berupa minat spiritual yang baik.