SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perpaduan Model Pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Geografi Kelas XI di SMA Negeri 1 Blitar

RIZAL ANGGARA MUKTI

Abstrak


ABSTRAK

Mukti, Rizal Anggara. 2016. Pengaruh Perpaduan Model Pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Geografi Kelas XI di SMA Negeri 1 Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani W., M.Si.

Kata Kunci:Number Head Together, Discovery Learning, Hasil Belajar

Kondisi belajar menuntut model pembelajaran yang inovatif dengan melibatkan siswa secara aktif baik mandiri maupun berkelompok. Jean Piaget dalam Dahar (2011) mengungkapkan apabila perkembangan kognitif dalam memperoleh pengetahuan perlu langkah ilmiah dalam menganalisis fenomena dan interaksi sosial dalam kelompok. Berdasarkan hal tersebut maka dibentuklah perpaduan model pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning merupakan sebuah inovasi. Perpaduan tersebut dapat menggabungkan kelebihan kedua model. Model NHT dapat membuat siswa memiliki tanggungjawab secara individu dan adanya proses berfikir bersama dalam kelompok. Model Discovery Learning membuat siswa aktif dalam menggali informasi secara mandiri di lapangan. Perpaduan kedua model dapat membantu siswa terlibat aktif dalam pembelajaran baik secara individu maupun berkelompok.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpaduan model pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment)dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal subjektif untuk post-test. Teknik analisis menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for Windows.

Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan perpaduan model pembelajaran Number Head Together dan Discoveri Learning terhadap hasil belajar pada bidang studi Geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Blitar. Berdasarkan hasil analisis data diketahui hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 85,83, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 79,32. Hasil uji-t 0,003 lebih kecil dari 0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan perpaduan model pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning terhadap hasil belajar pada bidang studi Geografi siswa kela XI di SMA Negeri 1 Blitar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disarankan bagi sekolah untuk memberikan referensi, seminar atau workshop  kepada guru mengenai perpaduan model NHT dan Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Saran bagi guru saat pembelajaran dapat menggunakan bentuk perpaduan model pembelajaran NHT dan Discovery Learning ini untuk menjadi alternatif model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Geografi. Saran bagi peneliti lanjutan yang meneliti perpaduan model pembelajaran NHT dan Discovery Learning untuk menambahkan variabel yang diteliti..