SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Videoscribe Sparkol pada Materi Siklus Air untuk Siswa Kelas X

IWAN RIYONO EFENDI

Abstrak


ABSTRAK

 

Efendi, I. Riyono. 2016. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Videoscribe Sparkol pada Materi Siklus Air untuk Siswa Kelas X. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (2) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

Kata Kunci: media animasi, videoscribe sparkol, siklus air

Hasil telaah terhadap siklus air menunjukkan bahwa ada kebutuhan media yang dapat mempermudah siswa memahami proses yang ada di dalamnya. Media tersebut dibutuhkan agar lokasi dan gerakan air pada setiap proses tersebut dapat dengan mudah diamati siswa. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa mempelajari siklus air.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media animasi pembelajaran berbasis videoscribe sparkol pada materi siklus air untuk siswa kelas X yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan tersebut meliputi Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Develop (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diuji cobakan kepada subjek uji coba yang terdiri dari guru geografi dan 30 siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinilai layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba media pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa 86,7% siswa memperoleh hasil belajar yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak dan efektif untuk menjelaskan materi siklus air.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru menggunakan media animasi pembelajaran berbasis videoscribe sparkol ini terutama pada materi siklus air. Selain itu, disarankan pula agar pengembang lainnya mengembangkan media serupa dengan materi yang berbeda.