SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapSikapPeduliLingkunganSiswaKelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Pada Mata PelajaranGeografi

EKO PRIYO HARTANTO

Abstrak


ABSTRAK

Hartanto, EkoPriyo. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapSikapPeduliLingkunganSiswaKelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School Pada Mata PelajaranGeografi. Skripsi, JurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. YuswantiArianiWirahayu, M.Si. (II) Dr. DwiyonoHariUtomo., MP.d, M.Si.

Kata Kunci: SikapPeduliLingkungan, PembelajaranProblem Based Learning

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)merupakan salah satu model pembelajaran, dengan implementasi yang berfokus pada siswa, melalui pendekatan ilmiah yang akan membantu siswa dalam pemecahan masalah disekitar lingkungan siswa, danakan membantu pembentukan sikap siswa melalui proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School pada mata pelajaran geografi.Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Experiment) mengambil dua subjek, yakni kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian angket untuk mengetahui sikap peduli lingkungan siswa, teknik analisis data yang digunakan adalah uji u (Independent Samples Test) yang diselesaikan denganbantuan SPSS 16.00 for Windows

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang dapat dilihat dari perolehan rata-rata yakni, kelas eksperimen menunjukan angka 80,72 dan kelas kontrol 72,63, dengan nilai probabilitas 0,01, Hasil perhitungan dengan menggunakan rumusU-test menunjukan mean rank kelas eksperimen 21,61 dan kelas kontrol 12,88. Melalui hasi ltersebut dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap sikap pedulil ingkungan siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School.

Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School pada mata pelajaran geografi. Mengacu pada hasil yang telah di dapatkan, disarankan bagi guru geografi untuk mampu menumbuhkan sikap pedulil ingkungan siswa, agar dapat lebih memiliki sikap tanggap akan permasalahan lingkungan.