SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA LABORATORIUM UM

NUR WILDA LAILATUL FITRIA

Abstrak


ABSTRAK

 

Lailatul Fitria, Nur Wilda. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd. (II) Syamsul Bachri, S.Si , M.Sc, P.hd.

Kata kunci: Berpikir Kreatif, Earth Science System In The Community (Earthcomm)

Model pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) unggul dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui kegiatan memecahkan masalah dan memberikan solusi yang berkaitan dengan permasalahan yang ada di bumi. Pembelajaran Earthcomm juga memberikan efek terhadap sikap penerimaan perbedaan antar-individu, baik ras, keragaman dalam hal penalaran, komunikasi dan koneksi dengan menggunakan teori konstruktivisme yang artinya peserta didik berinteraksi secara langsung dengan objek atau fenomena sesungguhnya di lapangan serta model pembelajaran berbasis inquiri.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik mata pelajaran geografi kelas X IPS SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi (Quasi Esperimental Design) dengan menerapkan pretest posttest control group design. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas X IPS SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2015/2016  yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian peserta didik kelas X.IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa soal esai yang dilakukan sebelum perlakuan (prates) dan setelah perlakuan (pascates). Analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji t (t-test).

Kesimpulan hasil penelitian model pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik mata pelajaran geografi kelas X IPS SMA Laboratorium UM UM pada Kompetensi Dasar ”Menganalisis Hubungan Antara Manusia Dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Litosfer” dengan materi pokok ”Erosi dan Kerusakan Tanah.” Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, yaitu nilai rata-rata belajar terkait dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol.

Guru disarankan menerapkan model pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) memilih materi yang tepat terkait dengan model Earth Science System In The Community (Earthcomm),  merencanakan rencana pembelajaran dan memperinci kegiatan pembelajaran. Peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian tentang model pembelajaran Earth Science System In The Community (Earthcomm) pada materi yang lain dan mengukur kemampuan yang lain seperti kemampuan kognitif dan psikomotorik.