SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTH SCIENCE SYSTEM IN THE COMMUNITY (EARTHCOMM) TERHADAP PENERAPAN KONSEP GEOGRAFI KELAS X MAN 1 MALANG

NISWATUL AINIYAH

Abstrak


ABSTRACT

 

Ainiyah, Niswatul. 2016. Pengaruh Model pembelajaran Earth Science System in The Community (EarthComm) Terhadap Penerapan Konsep geografi Siswa Kelas X MAN 1 malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas negeri malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (2) Syamsul Bachri, S. Si, M.Sc, Ph.D

Kata Kunci: model pembelajaran EarthComm, Penerapan Konsep Geografi

Pembelajaran Geografi di SMA menuntut agar siswa tidak hanya mampu untuk memahami sebuah konsep pada materi geografi, melainkan siswa sudah harus mampu menerapkannya dalam situasi yang baru seperti kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, sedikit siswa yang memiliki kemampuan menerapakan konsep dalam mata pelajaran geografi. Siswa lebih cenderung menghafal sebuah konsep pada materi ketika pembelajaran berlangsung, sehingga kemampuan penerapan konsep siswa kurang terlatih. Salah satu model pembelajaran yang mampu melatih siswa mengambangkan kemampuan penerapan konsep dalam peajaran geografi adalah model pembelajaran Earth Science System in The Community (EarthComm).

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model EarthComm terhadap penerapan konsep geografi. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Malang. Rancangan yang digunakan posttest only control group design. Instrument penelitian menggunakan soal essai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Soal essai diberikan sesudah perlakuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-Test. Analisis data penelitian menggunakan Uji Statistik Parametrik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Berdasarkan hasil analisis uji t yang sudah dilakukan dibukikan bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0.05 dan rata-rata (mean) penerapan konsep siswa kelas kelas eksperimen (74,00) lebih besar daripada kelas kontrol (58,19) maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EarthComm berpengaruh signifikan terhadap penerapan konsep geografi siswa kelas X MAN 1 Malang.

 Saran dapat diajukan kepada: (1) sekolah membantu memberikan referensi tentang model EarthComm melalui seminar, workshop, dan pelatihan pada guru; (2) guru bidang studi geografi harus menjelaskan sintaks EarthComm dengan lengkap, mempersiapkan media pembelajaran yang menunjang EarthComm; (3) peneliti selanjutnya dapat menambah variabel dan lokasi peneilitan yang berbeda, namun masih dalam ruang lingkup materi yang terkait dengan sistem kebumian.