SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI-IIS2 MAN 1 MALANG

MUHIMATUL ULUM

Abstrak


ABSTRAK

Ulum, Muhimatul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (II) Ir. Juarti, M.Si.

Kata Kunci: Discovery, kemampuan berpikir kritis

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh guru yang masih menggunakan model classical learning sehingga kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru yang menyebabkan siswa pasif di dalam kelas. Selain pasif di dalam kelas, kemampuan berpikir siswa menjadi kurang kritis dan berkembang.

Sehubungan dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Geografi di kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa pengukuran kemampuan berpikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang dipersentasekan dan pengukuran peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap siklus.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui dari hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada pra-tindakan memperoleh nilai rata-rata 61,8 dengan peningkatan 0%, karena belum diterapkan model pembelajaran Discovery. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,23 dengan peningkatan 10,40%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,07 dengan peningkatan 26,15%.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IIS2 MAN 1 Malang. Saran pada penelitian ini adalah pertama, bagi guru Geografi harus bisa memilih materi yang sesuai dengan penerapan model pembelajaran Discovery. Kedua, sekolah diharapkan memberikan arahan pada guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran Discovery. Ketiga, peneliti selanjutnya diharapkan lebih tepat dalam menentukan materi yang sesuai untuk model pembelajaran Discovery.

Ulum, Muhimatul. 2016. The Implementation of Discovery Learning to Improve Students’ Critical Thinking Ability in Geography Lesson in Grade XI-IIS2 MAN 1 Malang. Thesis. Program of Study: Geography Education, Department: Geography, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd., (II) Ir. Juarti, M.Si.

Keywords: Discovery, critical thinking ability

This research supported by the problems that is the critical thinking ability of the students. Low critical thinking skills of students caused by teachers who are still using the classical learning so that learning activities are still dominated by teachers who makes students passive in the classroom. Besides passive in the classroom, students' thinking skills become less critical and growing.

In connection with the problems on, this study attempts to improve the critical thinking ability of the studets by applying Discovery Learning in the subject of Geography in grade XI-IIS2 MAN 1 Malang by applying discovery learning. The method of this research was Car Action Research that was conducted in 2 cycles, first and second cycle. Each cycle consisted of planning phase, conducting phase, observation, and reflection. The research subject was students of XII IS 2 MAN 1 Malang with the number of students 27. Research instrument used was critical thinking ability test, observation sheet, and field note. Analysis data technique was a measurement of critical thinking ability based on the learning passing of students classically presented, and also a measurement of improvement of critical thinking ability of the students in every cycle.

The results of research has done show an increase the capacity to critical thinking ability of students known from critical thinking ability test. The preliminary action got average score 61.8 with 0% improvement, because not applied Discovery Learning. An action of cycle I got average score 68.23 with improvement 10.40%. An action of cycle II got average score 86.07 with the improvement 26.15%.

Based on data analysis and discussion can be obtained conclusion that the implementation of Discovery Learning can improve the critical thinking ability in grade XI-IIS2 MAN 1 Malang. Suggestions in this study is the first, to the geography teacher should be able to choose the material that suits Discovery learning model application. Second, the school is expected to provide guidance to the teachers to implement learning model Discovery. Third, further research is expected to be more precise in determining the appropriate materials for Discovery learning model.