SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Geografi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan.

ATIK ATIK

Abstrak


ABSTRAK

Pamungkas, Endang Wijaya Tri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Minat Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS SMANegeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Ir. Juarti, MP.

 

Kata Kunci: Snowball Throwing, Minat Belajar

Minat belajar merupakan salah satu faktor dalam tercapainya keberhasilan pembelajaran di dalam kelas. Minat belajar siswa yang rendah akan mempengaruhi prestasi belajar siswa, untuk itu guru diharapkan mampu mengimplementasikan model pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Model pembelajaran Snowball Throwing merupakan kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam suatu permainan menarik yaitu saling melempar bola di kertas yang berisi pertanyaan.Pembelajaran Snowball Throwing menggunakan tiga penerapan pembelajaran yaitu constructivism, inquiry, dan questioning. Prinsip pembelajaran Snowball Throwing ini meliputi prinsip siswa belajar aktif, belajar kerja sama, pembelajaran partisipatorik, mengajar reaktif, dan pembelajaran yang menyenangkan.Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di dalam kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap minat belajar geografi siswa. Penelitian ini menggunakan metodequasieksperimen dengan pretest-posttest only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random Samplingkarena populasi yang ada memiliki kesempatan untuk dijadikan sample penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar geografi yang terdiri dari angket pre test dan post test.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh minat belajar di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan nilai sig (2-tailed) 0,000< 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada perbedaan minat belajar geografi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata gain scorekelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 16,59 > 3,08 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap minat belajar geografi siswa.kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tumpang.