SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep Geografi Siswa Kelas X SMAK Mater Dei Kota Probolinggo

Skolastika Widiatikasyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiatikasyanti, Skolastika. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep Georgrafi Siswa Kelas X SMAK Mater Dei Kota Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto, M.Si, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Model pembelajaran berbasis proyek, kemampuan menerapkan, konsep geografi.

Model pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang disarankan dalam kurikulum 2013 karena pada model ini siswa dituntut aktif dan mandiri sehingga dapat mencari sendiri pengetahuan yang dibutuhkannya. Selain itu,juga karena model pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan pendekatan saintifik. Kemampuan menerapkan adalah kemampuan yang berhubungan dengan pengetahuan prosedural dan diperolehsetelah melalui tingkat mengetahui dan memahami.Kemampuan tersebut dapat diukur dengan kata kerja operasional mengidentifikasi, mendemostrasikan, dan mengklasifikasikan. Pembelajaran geografi yang ideal adalah yang mampu membuat siswa menerapkan konsep. Model pembelajaran berbasis proyek membuat siswa menerapkan konsep yang telah diketahuinya karena siswa diminta untuk menghasilkan sebuah produk dimana siswa akan menggunakan dan menerapkan semua kemampuannya untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menerapkan konsep geografi siswa kelas X SMAK Mater Dei Kota Probolinggo. Penelitian ini merupakan non-ekuivalen eksperimendesign (desain eksperimen semu). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan menerapkan konsep geografi yaitu pedoman tes lisan mengenai prosedur identifikasi batuan dan cara mengklasifikasikannya. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Data yang dianalisis merupakan data yang telah melalui uji prasayarat homogenitas dan normalitas.

Berdasarkan hasil analisis uji t-test dengan metode independent sample pada SPSS 23.0 for windows diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi