SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Mengimplementasikan Perangkat Pembelajaran (RPP) Geografi Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMAN se-Kota Batu

Arnidya Pradnasari

Abstrak


Laporan Badan Penyeleksian Sertifikasi Guru (BPSG) UM yang dimuat Koran
Surya (02/2008) bahwa 80 persen dari 7001 guru gagal dalam penilaian portofolio,
karena kurangnya poin dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rata-rata RPP dan PTK yang dicantumkan
merupakan hasil plagiat kepunyaan guru lain. Meskipun telah ada beberapa guru yang
membuat RPP sendiri, namun RPPnya masih belum layak untuk dijadikan sebagai
pegangan dalam pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menyiapkan
perangkat pembelajaran geografi, kinerja guru dalam mengimplementasikan
perangkat pembelajaran geografi, hambatan apa saja yang dialami guru dalam
menyiapkan dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran geografi.
Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Data diperoleh dari subyek yang berkompeten di bidangnya yaitu guru
geografi di SMA I Negeri Batu dan SMA II Negeri Batu. Dalam pengumpulan data
ini digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada tiga komponen
analisis data ini yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk
memperoleh hasil penelitian kualitatif maka dilaksanakan pengecekan keabsahan data
sebagai berikut: ketekunan penelitian, perpanjangan penelitian, triangulasi data,
pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, kecukupan referensial dan melacak hasil.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (A) kinerja guru dalam
menyiapkan perangkat pembelajaran pada waktu workshop tersebut adalah RPP atau
rencana pelaksanaan pembelajaran dan perangkat belajar lainnya. (B) Kinerja Guru
dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran Geografi di kelas XII IPS di
SMA I Batu dan SMA II Negeri Batu pada kelas XI IPS Batu telah mengikuti
mekanisme yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut seperti
menyampaikan kompetensi dasar, indikator, materi ajar, sumber belajar dan penilaian.
Sedangkan guru kelas XI IPS di SMA II Negeri Batu masih belum memanfaatkan
waktu secara maksimal dari alokasi yang telah dibuat di RPP.

Deskripsi faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja guru dalam
menyiapkan dan mengimplementasikan RPP diklasifikasikan sebagai berikut: (a)
faktor pendukung antara lain: media sumber belajar, guru menyiapkan perangkat
pembelajaran, mengikuti pelatihan, setiap siswa mempunyai buku teks dengan cara
rolling, memanfaatkan media alam sekitar, dan (b) faktor penghambat antara lain:
minimnya media pendukung RPP, minimnya pengetahuan guru dalam praktek materi
tertentu dan kurang gencarnya informasi atau sosialisasi KTSP. 
Berdasarkan penelitian ini, diharapkan agar guru mengacu kepada RPP yang
berdasarkan KTSP dan mengimplementasikannya di kelas.

Teks Penuh: DOC PDF