SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Lembar Kerja terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Bangil Kab. Pasuruan

Rafika Agita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Rafika Agita. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Lembar Kerja Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Bangil Kab. Pasuruan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mustofa, M.Pd., (II) Dra. Yuswanti Ariani W. M.Si

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Lembar Kerja, Berpikir Kritis.

Model pembelajaran PBL memiliki beberapa keunggulan meliputi yang pertama, keterlibatan atau peran siswa cukup tinggi. Kedua, siswa menjadi semangat dan tertarik dalam proses pembelajaran. Ketiga, pengetahuan yang diperoleh siswa bukan semata-mata dari guru tetapi melalui kontruksi oleh siswa sendiri. Model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena model PBL dapat membangkitkan minat siswa untuk berpikir secara sistematis, realistis, dan kritis. Model PBL akan lebih senada apabila menggunakan lembar kerja. Model pembelajaran ini diterapkan pada materi dinamika dan masalah kependudukan. Dari berbagai kelebihan diatas maka perlu diujicobakan untuk membuktikan bahwa Model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen (Quasi Experimental) dengan eksperimen serial waktu (Time Series). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS-1yang merupakan kelas tunggal sebagai kelas eksperimen. Kelas experimen ini diberikan penerapan sebanyak empat kali untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bangil Kab. Pasuruan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis pada penelitian ini adalah dengan menggunakan soal essay sebanyak 4 butir soal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Dan teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil tes 1 dengan rata-rata 38,6 tes 2 dengan rata-rata 52,4 kemudian tes 3 dengan rata-rata 57,5 dan tes 4 dengan rata-rata 81,4. Terjadi pengaruh dari tes pertama sampai keempat, jadi dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 Bangil. Dalam penerapannya, model pembelajaran PBL dengan menggunakan lembar kerja sangat cocok dipadukan karena terbukti siswa secara mandiri dapat memecahkan masalah dengan panduan lembar kerja yang telah diberikan. Selain itu, siswa terlihat sangat antusias dan aktif mengerjakan soal pemecahan masalah dalam kelompok dengan menggunakan bantuan lembar kerja.