SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang

Annisa Qomariah

Abstrak


ABSTRAK

 

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor pendorong dari keberhasilan kegiatan pembelajaran. Komponen utama motivasi adalah kebutuhan, dorongan, dantujuan. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar salah satunya adalah penerapan

model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran ProbingPrompting dirancang untuk menyajikan serangkain pertanyaan yang sifatnyamenuntut dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan

pengetahuan setiap siswa dan pengalamanya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Dengan model pembelajaran Probing Prompting siswa dituntut untukmenjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara acak, sehingga seluruh siswa tidak bisa menghindar dari proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap motivasi belajar geografi kelas XI SMA 1 Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengetahui motivasi siswa menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui

bahwa motivasi belajar kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 75,68 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 71,89 dengan nilai probabilitas (p) 0,035 , sehingga ada pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap motivasi belajar Geografi Siswa kelas XI.

Disarankan bagi Guru Geografi mampu menjaga suasana agar tetap santai tapi serius, agar siswa tidak merasa takut untuk mengajukkan serta menjawab pertanyaan.  Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengujicobakan model pembelajaran Probing Prompting pada materi berbeda. Variabel selain motivasi belajar yang sesuai bdengan keadaan siswa, diantaranya minat siswa, pemahaman konsep, hasil belajar

dan lain-lain sebagai varibel terikat dan dengan tempat penelitian serta jenjang yang berbeda.