SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONTRIBUSI PEKERJA HARIAN PABRIK GULA SEMBORO TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA SEMBORO KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER

Ika Ilma Nurjannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Keberadaan industri di pedesaan akan menjadi alternatif yang penting dalam penyerapan tenaga kerja, pemenuhan kebutuhan dan peningkatan pendapatan masyarakat desa setelah sektor pertanian. Adanya Pabrik Gula Semboro tentu sangat membantu bagi masyarakat sekitar, karena sempitnya luas lahan pertanian menjadikan petani tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan demikian adanya Pabrik Gula Semboro disamping menyerap tenaga kerja juga mampu mengurangi jumlah pengangguran dan banyak memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luar daerah.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi langsung terhadap pendapatan keluarga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Sampel responden berjumlah 72 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tabulasi tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerja harian Pabrik Gula Semboro mempunyai jenjang pendidikan terakhir terbanyak yaitu tamat SMPsebanyak  37 dengan rata-rata umur 41-50 tahun.Lama masa bekerja rata-rata 20-29 tahun. Beban tanggungannya 2 orang. Rata-rata kontribusi pendapatan pekerja harian Pabrik Gula Semboro sebesar 60% - 79,99% terhadap pendapatan keluarga. Saran bagi pihak Pabrik Gula Semboro dapat menyerap sebanyak-banyaknya pekerja yang berdomisili di sekitar pabrik gula Semboro secara umum, dan menjaring pekerja sesuai keterampilan yang dibutuhkan, juga pendidikan yang dienyam pekerja secara khusus.