SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Supiturang Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang

Margi Santoso

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Santoso, Margi. 2008. Evaluasi Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Supiturang Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (I) Drs. Singgih Susilo, M.S, M.Si  (II) Drs. Marhadi Slamet K, M.Si.

 

Kata kunci: Pengelolaan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

 

            Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supiturang merupakan lokasi pembuangan sampah dari berbagai tempat di Kota Malang. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supiturang telah beroperasi dan dikelola oleh Pemerintah Kota Malang selama kurang lebih 15 tahun dan selama kurun waktu tersebut ternyata keberadaan TPA Supiturang masih menimbulkan banyak keresahan dan pertanyaan apakah pengelolaan TPA Supiturang sudah sesuai dengan persyaratan yang berlaku atau belum.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Supiturang sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Keputusan Dirjen Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Pemukiman Departemen Kesehatan  No. 281 tahun 1989 tentang Persyaratan Kesehatan Pengelolaan Sampah.

Jenis penilitian ini adalah penelitian evaluatif karena mencocokkan pengelolaan TPA Supiturang dengan persyaratan pengelolaan yang berlaku. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, dengan instrumen lembar observasi dan format dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

       Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan TPA Supiturang masuk kategori sedang karena belum memenuhi semua persyaratan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ditetapkan oleh Pemerintah.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF