SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model "think Pair Share" Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XC Semester II SMA Negeri 4 Tuban pada Topik Bahasan Hidrosfer

Engga Mei Fitriasari

Abstrak


ABSTRAK

           

Fitriasari, Engga Mei. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model ’’Think Pair Share” Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas XC Semester II SMA Negeri 4 Tuban Pada Topik Bahasan Hidrosfer. Skripsi, Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd, (2) Drs.Yusuf Suharto

 

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, model Think Pair Share (TPS), motivasi belajar geografi

 

Berdasarkan observasi pada tanggal 16 Februari 2009 yang dilakukan di SMA Negeri 4 Tuban, tampak bahwa pembelajaran Geografi masih berpusat pada guru. Sebagian besar aktivitas pembelajaran dilakukan oleh guru, sedangkan siswa hanya duduk, mendengarkan, berbicara dengan temannya, bahkan ada sebagian siswa yang diam dengan keadaan mengantuk. Siswa kelas XC SMA Negeri 4 Tuban berjumlah 38 orang. Dalam kegiatan pembelajaran hanya 33,33% siswa yang menunjukkan indikator motivasi. Selain itu berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan 8 siswa kelas XC SMA Negeri 4 Tuban, 7 siswa atau 87,5% siswa mengatakan bahwa mereka tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran Geografi karena membosankan.

Berdasarkan permasalahan di atas, untuk memperbaiki struktur interaksi kelas yang demikian, model pembelajaran yang perlu diterapkan adalah pembelajaran kooperatif model TPS. Model TPS memberikan waktu kepada siswa untuk memikirkan jawaban atas pertanyaan pengajar atau guru, dan mereka bebas menentukan pasangan belajarnya. Pembelajaran kooperatif model  TPS membantu menstrukturkan diskusi selain itu dapat meningkatkan partisipasi siswa dan meningkatnya banyaknya informasi yang diingat siswa.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Geografi siswa kelas XC semester II SMA Negeri 4 Tuban pada Topik Bahasan Hidrosfer melalui pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, pada semester Genap tahun ajaran 2008/2009 pada tanggal 13 April-14 Mei 2009.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal, pada siklus I dan II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,86% dengan kategori kurang. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 29,64% yaitu menjadi 62,5% dengan kategori baik. Motivasi belajar siswa pada siklus II meningkat sebesar 22,5% yaitu menjadi 85% dengan kategori sangat baik.

            Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disarankan kepada guru mata pelajaran Geografi dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model TPS pada topik bahasan yang lain untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa disarankan meningkatkan motivasi dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran Geografi, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dalam pembelajaran Geografi pada topik bahasan yang lain untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.


Teks Penuh: DOC PDF