SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Kelayakan Pantai Sugihwaras sebagai Kawasan Ekowisata Bahari dalam Perspektif Geografi di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban

Isyna Firridla Aunillah

Abstrak


ABSTRAK

 

Aunillah, Isyna Firridla. 2015. Kelayakan Pantai Sugihwaras sebagai Kawasan Ekowisata Bahari dalam Perspektif Geografi di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si. (II) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

Kata kunci: ekowisata bahari, kondisi fisik, kondisi sosial

Kabupaten Tuban memiliki banyak potensi wisata pantai yang belum dikelola oleh pemerintah, salah satunya Pantai Sugihwaras. Lokasi Pantai Sugihwaras sangat strategis karena berada tidak jauh dari pusat kota. Kondisi Pantai Sugihwaras ini dulunya cukup memprihatinkan, dikarenakan pernah terkena dampak abrasi. Untuk itu, perlu adanya suatu bentuk pengelolaan wisata secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan agar hasil daya gunanya mampu memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian masyarakat Tuban. Bentuk pengembangan ekowisata bahari dinilai cocok untuk Pantai Sugihwaras, tetapi sebelumnya perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengukur tingkat kelayakan kawasan tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan dalam perumusan konsep pengembangan wisata pada masa yang akan datang, sehingga pengelolaannya tidak merusak kelestarian lingkungan sekitar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupaya mendeskripsikan data penelitian yang sudah diperoleh terkait dengan tingkat kelayakan Pantai Sugihwaras sebagai kawasan ekowisata bahari. Parameter yang dikaji telah disesuaikan berdasarkan perspektif geografi yakni meliputi kondisi fisik dan kondisi sosial. Sampel diperoleh menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan data menggunakan metode pengukuran lapangan, observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis scorring, tabel persentase, dan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kondisi fisik Pantai Sugihwaras tergolong sangat sesuai untuk dikembangkan sebagai ekowisata bahari dengan total skor 21, 2). Kondisi sosial Pantai Sugihwaras tergolong cukup mendukung dengan total skor 9, tetapi masih ada beberapa persoalan yang perlu diselesaikan terutama dalam hal penyelenggaraan festival budaya, penyediaan fasilitas rekreasi, perilaku membuang sampah, dan kepemilikan lahan, 3). Secara keseluruhan, Pantai Sugihwaras dalam perspektif geografi dapat dinilai sesuai untuk dikembangkan sebagai kawasan ekowisata bahari kategori rekreasi dengan total skor yang diperoleh sebesar 30.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pemerintah daerah melakukan proses renegosiasi mengenai pembebasan lahan agar potensi Pantai Sugihwaras dapat segera dikembangkan. Masyarakat selaku pelaku dan penikmat kegiatan wisata, juga diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan pelestarian Pantai Sugihwaras sebagai kawasan ekowisata bahari. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya untuk merancang strategi pengembangan ekowisata bahari di Pantai Sugihwaras.