SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Pokok Bahasan Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia Siswa Kelas VII E Semester II SMP Negeri 24 Malang

Tuti Mutia

Abstrak


ABSTRAK

 

Mutia, Tuti. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Materi Kondisi Geografis Dan Penduduk Indonesia Siswa  Kelas VII E Semester II SMP Negeri 24 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif,  Model Make A Match, Motivasi belajar siswa

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 7 Maret 2009 di kelas VII E SMP Negeri 24 Malang diketahui bahwa sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru atau dapat dikatakan guru aktif, sedangkan siswa hanya duduk, mendengarkan, mencatat bahkan ada sebagian siswa yang diam dengan keadaan mengantuk, sehingga motivasi belajar siswa rendah sebesar 32% pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya dengan  penerapan model pembelajaran Make A Match. Make A Match merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat melatih siswa untuk lebih aktif sehingga termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti terlibat langsung dalam seluruh proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan  data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penelitian dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri 24 Malang dengan jumlah siswa 42 orang, pada materi Kondisi Geografis dan penduduk Indonesia.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dengan hasil observasi motivasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 24 Malang semester II dalam pembelajaran pada siklus I rata-rata motivasi belajar dalam kelompok 49% meningkat menjadi 73% pada siklus II. Sedangkan motivasi belajar siswa secara klasikal rata-rata 53,5% dan meningkat menjadi 75,3% pada siklus II dan motivasi belajar menggunakan angket secara klasikal rata-rata 57,38% meningkat menjadi 77,83% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini yaitu:1) bagi kepala sekolah adalah memberikan motivasi kepada semua guru untuk mencoba menerapkan model ini sebagai variasi model mengajar, 2) bagi guru mata pelajaran IPS Geografi adalah mencoba untuk mengimplementasikan model ini pada pokok bahasan yang lain maupun pelajaran yang lain karena siswa

memberikan respon yang positif terhadap model tersebut, 3) perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi siswa yang sering membuat ramai dan gaduh, sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar, 4) guru perlu mengatur pengelolaan waktu yang tepat sehingga semua kegiatan pembelajaran model Make A Match dapat terlaksana dengan baik, dan 5) pada saat pembagian kelompok belajar, siswa dibagi dalam kelompok yang anggota memiliki perbedaan status, akademik, dan ras sehingga diskusi kelompok berjalan dengan lancar tanpa ada kelompok-kelompok yang mendominasi.

 


Teks Penuh: DOC PDF