SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT MORBIDITAS BALITA DI WILAYAH DESA PAGERJO KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN PACITAN

rina rahayu

Abstrak


ABSTRAK
Rahayu, Rina Cita, 2009. Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Tingkat Morbiditas Balita di Wilayah Desa Pagerjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Singgih Susila, M.Si, pembimbing (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.
Kata Kunci: Morbioditas balita, Tingkat Pendidikan Ibu, Tingkat Pendapatan, Lingkungan Biofisik, Konsumsi Gizi, Jarak Kelahiran, Perawatan balita.
Morbiditas merupakan tingkat kesakitan atau menurunnya kesehatan yang dialami anak umur 0 sampai 4 tahun. Tinggi rendahnya kesakita balita menjadi salah satu tolak ukur kesehatan masyarakat. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi morbiditas balita itu sendiri terutama di desa Pagerjo adalah: tingkat pendidikan ibu, tingkat pendapatan, lingkungan biofisik, konsumsi gizi, jarak kelahiran anak satu dengan anak berikutnya dalam satu keluarga dan perawatan balita.
Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh tingkat pendidikan ibu terhadap morbiditas balita (2) tingkat pendapatan terhadap morbiditas balita (3) lingkungan biofisik terhadap morbiditas balita (4) konsumsi gizi terhadap morbiditas balita (5) jarak kelahiran terhadap morbiditas balita (6) perawatan balita terhadap morbiditas balita. Metode yang digunakan adalah dengan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang mempunyai balita dan mengalami sakit pada dua bulan terakhir di Desa Pagerjo Kecamatan Ngadirojo, penggunaan sampel daerah menggunakan metode sensus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, wawancara dan dokumentasi dengan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Analisis data menggunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang dan analisis regresi ganda.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) tingkat kesakitan balita di Desa Pagerjo termasuk dalam kriteria sedang yaitu sebesar 42,3%, (2) tingkat pendidikan responden di Desa Pagerjo termasuk dalam kriteria sedang sebesar 39,02%, (3) tingkat pendapatan di Desa Pagerjo termasuk rendah sebesar 60,98%, (4) lingkungan biofisik di Desa Pagerjo termasuk dalam kriteria sedang sebesar 55,28%, (5) konsumsi gizi di Desa Pagerjo termasuk dalam kriteria sedang sebesar68,29% , (6) jarak kelahiran di Desa Pagerjo termasuk dalam kriteria sedang sebesar 50,03%, dan (7) perawatan balita di Desa Pagerjo termasuk dalam kriteria baik sebesar 56,10%. Dengan bobot sumbangan terbesar terhadap tingkat morbiditas balita adalah pendidikan ibu sebesar 30,53%.

 
 

Teks Penuh: DOC PDF