SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Remitensi Dan Sosial Ekonomi Keluarga Daerah Asal (Suatu Kajian Tenaga Kerja Wanita (TKW) Di Desa Kananga dan Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB)

Sri Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Astuti, Sri. 2007. Remitensi Dan Sosial Ekonomi Keluarga Daerah Asal (Suatu Kajian Tenaga Kerja Wanita (TKW) Di Desa Kananga dan Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB). Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M, Si, (II) Drs. Djoko Soelistijo, M, Si

 

Kata kunci: Remitensi, tenaga kerja wanita (TKW), kondisi sosial ekonomi keluarga, pendapatan, pemanfaatan remiten

 

            Rendahnya penghasilan dan kesempatan kerja menyebabkan sebagian penduduk dari Desa Kananga dan Rasabou melakukan migrasi ke Malaysia untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW). Dari kegiatan migrasi ini menghasilkan kiriman ke daerah asal (remiten) yang akan dialokasikan untuk kegiatan konsumtif (pangan dan non pangan), dan kegiatan produktif dalam berbagai peluang usaha. Dari kegiatan-kegiatan alokasi remiten TKW ini pula dapat membawa perubahan kepada kondisi keluarga di daerah asal. Beberapa tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik demografi sosial ekonomi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Kananga dan Rasabou, (2) Mengetahui pemanfaatan remiten oleh keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) selama bekerja dan pasca bekerja di Malaysia di Desa Kananga dan Rasabou, (3) Mengetahui hubungan remiten dengan transformasi pekerjaan.

            Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, cara utama memperoleh datanya dengan menggunakan angket (quesioner). Penelitian ini yang dijadikan populasi adalah semua Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Kananga dan Rasabou yang pernah bekerja di Malaysia berjumlah 56 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan perhitungan persentase dan tabulasi silang.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Karakteristik demografi sosial ekonomi yakni sudah kawin, beban tanggungan keluarga cukup rendah, pendapatan kepala keluarga tergolong rendah, berusia produktif, rata-rata berpendidikan SMA, jenis pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga dan pendapatan perbulan tergolong tinggi. (2) Pemanfaatan remiten yakni jumlah kiriman (remiten) perbulan rata-rata sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, cara mengirimkan remiten melalui bank, pemanfaatan remiten selama bekerja rata-rata digunakan untuk biaya pendidikan anak dan pemanfaatan hasil kerja pasca bekerja digunakan untuk modal usaha. (3) Hubungan remiten dengan transformasi pekerjaan yakni hubungan jenis pekerjaan dengan pendapatan, rata-rata jenis pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga mempunyai pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan sebagai pengasuh maupun pelayan toko, hubungan remiten dengan pendapatan, dengan pendapatan yang besar maka remitenpun akan besar, hubungan pemanfaatan hasil kerja pasca bekerja di Malaysia dengan pendapatan yaitu rata-rata dipergunakan untuk modal usaha, hubungan status perkawinan dengan remiten, rata-rata responden yang berstatus kawin lebih banyak mengirimkan remiten dibandingkan dengan yang belum kawin maupun yang berstatus janda, hubungan beban tanggungan keluarga dengan remiten yaitu sedikitnya beban tanggungan keluarga di daerah asal maka remitenpun sedikit, hubungan jenis pekerjaan dengan remiten yakni pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga lebih banyak mengirimkan remiten dibandingkan dengan pekerjaan sebagai pelayan toko maupun pengasuh dan hubungan pemanfaatan remiten selama bekerja di Malaysia oleh keluarga di daerah asal dengan remiten yaitu rata-rata remiten yang paling banyak adalah dipergunakan untuk biaya pendidikan.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF