SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita Perkebunan Kopi Nusantara XII Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang

Akhmad Fauzy

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzy, Akhmad. 2014. Kontribusi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita Perkebunan Kopi Nusantara XII Terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budijanto, M.Sos. (II) Dra. Yuswanti Ariani wirahayu, M.Si.

 

Kata kunci: karakteristik tenaga kerja wanita, aktivitas kerja, kontribusi pendapatan.

 

Kecamatan Kromengan merupakan tempatPerkebunan Kopi Nusantara XIIMalang. Perkebunan ini menyerap tenaga kerja khususnya tenaga kerja wanita yang berasal dari masyarakat menengah kebawah di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Upah yang diterima oleh tenaga kerja wanita masih minim dan di bawah UMR dari yang ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Malang. Meskipunupah masih tergolong rendah tenaga kerja wanita ini tetap bertahan dan bekerja di perkebunan kopi karenaberbagai alasan.

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan kontribusi pendapatan tenaga kerja wanita Perkebunan Kopi NusantaraXIIterhadap pendapatan rumah tangga di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penilitian ini adalah tenaga kerja wanita Perkebunan Kopi Nusantara XIIdan penentuan sampelmenggunakan teknikstratified  purposive sample.Penentuanresponden dilakukan dengan menggunakan sistematik random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupatabulasi tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kerja wanita Perkebunan Kopi Nusantara XIImemiliki umur yang produktifpendidikan terakhir yang ditempuh(65,3%) tenaga kerja wanita adalah SD, dan beban tanggungan sebanyak >4 anggota keluarga (62,5%). Pendapatan tenaga kerja wanita sebanyak Rp 650.000/bulan. Tenaga kerja wanita memiliki jam kerja yang ideal yaitu selama 5 jam perhari dan lama kerja 5-6 tahun. Pendapatan yang diperoleh dari bekerja di Perkebunan Kopi Nusantara XII semuanya di kontribusikan terhadap pendapatan rumah tangga.