SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Wisatawan Terhadap Sapta Pesona Wisata Telaga Sarangan Ditinjau dari Kondisi Geografis

Frenky Pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Frenky. 2014. Persepsi Wisatawan Terhadap Sapta Pesona Wisata Telaga Sarangan Ditinjau dari Kondisi Geografis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Singgih,M.S,M.Si (2) Ardyanto Tanjung S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci:kondisi geografis, sapta pesona wisata, Telaga Sarangan

 

Sektor pariwisata merupakan salah satu pendukung perkembangan suatu daerah.Dalam kegiatan pariwisata tingkat kenyamanan wisatawan menjadi prioritas utama dalam pengelolaan daerah wisata. Dalam pengelolaan pariwisata terdapat sistem sapta pesona wisata. Sapta pesona wisata merupakan bentuk dari pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata di indonesia yang menekankan pada tujuh aspek yaitu: aman,tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.Telaga sarangan adalah ikon wisata Kabupaten Magetan.Masalah dalam pengelolaan objek wisata Telaga Saranganantara lain ketidakteraturan sirkulasi kegiatan wisata karena kendaraan pengunjung, persewaan kuda, dan banyaknya pedagang kaki lima, tempat parkir yang tidak kondusif, serta masalah sampah di area wisata. Sapta pesona wisata Telaga Sarangan harus ditingkatkan, karena berdasarkan uraian di atas ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui kondisi geografis objek wisata Telaga Sarangan, (2)Untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap sapta pesona wisata daerah tujuan wisata Telaga Sarangan.Jenis penelitian ini adalah survei. Subyek penelitian ini adalah obyek wisata Telaga Sarangan dan pengunjung Telaga Sarangan. Data primer diperoleh dari observasi, dan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik, dan Bappeda. Data diambil dengan menggunakan teknik kuota sebanyak 20 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, yaitu scoring dan tabulasi.

Kondisi geografis yang meliputi letak, topografi, iklim, flora dan fauna serta air menunjang kegiatan wisata. Letak yang strategis membuat Telaga Sarangan mudah dikunjungi dari berbagai tempat. Topografi dan flora fauna di Telaga Sarangan menambahkan keindahan pemandangan. Iklim di objek wisata membuat nyaman para wisatawan. Air di Telaga Sarangan yang melimpah menunjang fasilitas objek wisata.

Pengelolaan sapta pesona wisata yang melipui aman, tertib, indah, sejuk, bersih, ramah, kenangan sudah baik. Pengunjung merasa puas oleh pengelolaan sapta pesona wisata Telaga Sarangan. Pengelola wisata harus meningkatkan pengelolaan sapta pesona wisata agar objek wisata menjadi lebih baik.

Berdasarkan hasil analisis, saran untuk pengelolaan objek wisataTelaga Sarangan adalah dengan meningkatkan pengelolaan sapta pesona wisata Telaga Sarangan. Pengelolaan yang perlu ditingkatkan adalah pengelolaan ketertiban dan kebersihan. Pengelola harus menangani masalah ketidak teraturan sirkulasi kegiatan wisata, dan masalah sampah di area wisata.