SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Kesesuaian Lahan Pantai Sumbersih Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo, Blitar

Dwi Jayanto Puji Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Widodo, Dwi Jayanto Puji.  2014. Evaluasikesesuaian Lahan Pantai Sumbersih Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Komang Astina, M. S, Ph.D. (2) Drs. Timotius Suwarna, M.P.d

 

Kata Kunci: Geografis, Pantai Sumbersih, Wisata Pantai

 

Pariwisata merupakan suatu aset yang menunjang untuk pembangunan suatu daerah di Jawa Timur. Pembangunan daerah menjadi daerah tujuan wisata harus memiliki potensi baik secara geografi fisik seperti keindahan alam dan aksesibilitas yang bagus. Blitar merupakan salah satu kabupaten yang memiliki karakteristik potensi wisata baik wisata budaya maupun wisata alam. Potensi wisata alam berada di wilayah pesisir bagian selatan karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki panorama yang mempesona. Wilayah bagian pesisir selatan ini sangat cocok untuk dikembangkan objek wisata pantai. Pantai di Kabupaten Blitar sangat banyak  yakni pantai Tambakrejo, Serang, Jolosutro, tetapi ada satu pantai yangmemiliki keunikan tersendiri di banding pantai lain yakni PantaiSumbersih. Pantai Sumbersih berada di Kecamatan Panggungrejo memiliki keistimewaan pantai dengan aksesbilitas terdekat dari Ibukota Kabupaten Blitar. Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Sumbersih belum dikembangkan sehingga, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui potensi yang dimiliki Pantai Sumbersih berdasarkan kondisi geografis, sehingga dapat dilakukan evaluasi hal-hal yang terkait dengan pengembangan obyek wisata ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian lahan Pantai Sumbersih sebagai daerah tujuan wisata. Jenis penelitian ini adalah  deskriptif  kuatitatif  memaparkan fakta-fakta terkait dengan Pantai Sumbersih  sebagai wisata pantai serta mengevaluasi kesesuaian lahan yang ada di Pantai Sumbersih untuk objek wisata. Subyek penelitian ini adalah wisata Pantai Sumbersih dan wisatawan yang mengunjunginya. Teknik pengumpulan data dilapangan diperoleh melalui pengukuran lapangan, observasi, dokumentasidan wawancara.Variabel penelitian kondisi fisik pantai sumbersih dengan indikator (a) Tipe pantai,(b) Lebar pantai, (c) Biota berbahaya,(d) Kemiringan pantai, (e) Kecepatan angin, (f) Penutup lahan, (g) Jarak ketersediaan air tawar,( h) Panjang dan tinggi gelombang. Instrumen yang digunakan di lapangan meliputi yalon, meteran, anemometer, abney level, termometer batang serta lembar observasi.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan kondisi fisik Pantai Sumbersih memiliki kategori sangat sesuai untuk objek wisata berdasarkan indeks kesesuaian wisata, namun tidak diizinkan untuk wisata aktif di perairan karena gelombang yang besar.