SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA SMP

perwita putri dyaniska

Abstrak


ABSTRAK

Dyaniska, Perwita Putri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar

Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) termasuk salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif. Langkah model pembelajaran ini, siswa dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap anggota kelompok diberi nomor. Pemberian nomor dari tiap anggota kelompok tadi, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa, dan guru tinggal menyebutkan salah satu nomor. Setiap anak dengan nomor tersebut harus dapat menyampaikan aspirasi dari kelompoknya, sehingga tanggung jawab dari masing-masing anggota kelompok sangat diperlukan dalam model ini. Setiap apa yang diputuskan dalam kelompok tersebut harus diketahui oleh masing-masing anggota, sehingga tidak ada yang dirugikan satu sama lain. Model pembelajaran semacam ini dapat mengatasi masalah kesulitan interaksi antarsiswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimental research atau penelitian eksperimen semu. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kabuh tahun ajaran 2014/2015. Pada penelitian ini diambil dua kelas untuk dijadikan subyek penelitian yaitu kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Dengan jumlah siswa pada kelas eksperimen 36 dan kelas kontrol 36. Instrumen penelitian berupa tes Pilihan ganda untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPS geografi siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 28,44 sedangkan siswa kelas kontrol memiliki rata-rata 13,28 dengan nilai taraf signifikansi uji t 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa SMP.

 

Disarankan bagi sekolah untuk menganjurkan gurunya menggunakan pembelajaran yang kontruktivisme. Dan bagi guru geografi, model pembelajaran NHT bisa menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang akan digunakan.